Untuk Korban Gempa Cianjur Pemerintah Siapkan Bantuan Rp500 Ribu/Bulan

Berita357 views

Inionline.id – Untuk membayar sewa rumah Pemerintah bakal memberikan bantuan bulanan sebesar Rp500 ribu bagi korban terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

Uang bantuan itu akan diberikan bagi korban yang rumahnya rusak dan harus pindah sementara ke tempat lain.

“Bagi masyarakat yang rumahnya rusak ambruk itu dipersilakan ke rumah saudaranya, diberikan uang sewa Rp500 ribu per bulannya,” kata Bupati Cianjur Herman Suherman dalam konferensi pers daring, Senin (28/11).

Namun, pemerintah juga memberikan opsi bagi masyarakat yang ingin menetap di sekitar rumah mereka. Pemerintah menyiapkan tenda layak huni untuk korban sementara rumah mereka diperbaiki.

Selain itu, pemerintah menyiapkan tiga titik relokasi hunian bagi korban gempa. Ketiga titik itu berada di daerah Cilaku, Mande, dan Cipendawa.

“Kami kemarin sudah sampaikan melalui Kepala BNPB yaitu lokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku seluas 2,5 hektare,” kata Herman.

“Yang kedua, di Kecamatan Mande berdampingan dengan itu seluas 4 hektare. Ketiga, di Kecamatan Pacet, tepatnya di Cipendawa dengan luas 10 hektare,” tambahnya.

Sebelumnya, Cianjur diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6 Cianjur pada Senin (21/11). Total korban jiwa hingga saat ini tercatat 323 jiwa. Sementara itu, sembilan orang masih hilang.