Presiden Jokowi Menyebut Semua Mata di Dunia Tertuju Pada KTT G20 Bali

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo menyebut bahwa semua mata di dunia tertuju pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang sedang berlangsung di Bali. Pertemuan ini diharapkan bisa menghasilkan solusi dari krisis pangan, energi dan keuangan.

“Mata dunia sedang tertuju pada kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” kata Jokowi saat membuka KTT G20 di Hotel Kempinski, Bali, Selasa (15/11).

Jokowi mengatakan, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin selama memimpin Presidensi G20. Namun keberhasilan hanya dapat tercapai jika semua pihak bisa mencapai komitmen yang sama dan mengesampingkan aspek-aspek perbedaan. Harapannya bisa menghasilkan sesuatu yang konkret dan bermanfaat bagi dunia.

“Mari kita perlihatkan ke dunia, kita bisa bersikap bijak, memiliki tanggung jawab dan menunjukan jiwa kepemimpinan dan mari kita bekerja sama untuk dunia,” kata dia.

Jokowi berharap, negara-negara G20 bisa terus menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif di tengah situasi yang sulit.

Dana Talangan Pandemi

Sejauh ini G20 telah bekerja untuk mempersiapkan dana talangan pandemi di masa depan dengan membentuk lembaga Dana Perantara Keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF) atau Pandemic Fund.

Melalui Pandemic Fund ini diharapkan bisa membantu ruang fiskal yang berkelanjutan. Mendorong percepatan dan pencapaian SGDs dengan menghasilkan ratusan kerjasama yang konkret. Serta mendorong pemulihan ekonomi global melalui bali compact.

“(Jadi) kita tidak hanya bicara tapi melakukan langkah nyata,” kata dia.

“Mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover Together, Recover Stronger,” tutupnya.