Prabowo Tegaskan Indo Defence 2022 Sebagau Komitmen RI Menjalankan Diplomasi Pertahanan

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat kembali digelar Kementerian Pertahanan (Kemhan) kembali. Dalam gelaran tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menekankan pengembangan alutsista dan juga diplomasi pertahanan.

“Tema Indo Defence 2022 adalah Peace, Prosperity, Strong Defence. Yaitu perdamaian, kesejahteraan dan pertahanan kuat,” kata Prabowo di lokasi, Rabu (2/11/2022).

Tema tersebut, lanjut Prabowo, merepresentasikan Indonesia yang selalu berkomitmen untuk selalu terbuka dengan hubungan eksternal dan diplomasi bersama negara asing.

“Di mana Indonesia berkomitmen untuk selalu terbuka dalam hubungan eksternal degan semua negara menjalankan diplomasi pertahanan semata mengembangkan alutsista pertahanan dalam negeri,” ujarnya.

Selain itu, hal tersebut juga untuk mewujudkan misi pertahanan Republik Indonesia, termasuk dalam hal ini memajukan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam).

“Misi pertahanan Indonesia pada dunia, serta mendorong dan memajukan industri pertahanan menuju kemandirian pemenuhan Alpalhankam. Selain itu untuk menciptakan peluang usaha dan pertukaran teknologi antara negara,” jelasnya.

Prabowo menuturkan, pada perhelatan Indo Defence 2022 ini diikuti oleh 905 perusahaan dari berbagai negara. Diantaranya 158 perusahaan alutsista berasal dari Indonesia. Lebih lanjut, sebanyak 21 orang pejabat dari berbagai negara turut hadir.

“Peserta tahun ini terdiri dari 905 perusahaan. 158 perusahaan dari dalam negeri 747 dari luar negeri dari 59 negara. Perwakilan delegasi hadir dari 31 negara. Menteri Pertahanan dan Wamen pertahanan dan Panglima Panglima pasukan pertahanan dari luar negeri adalah sebanyak 21 pejabat,” jelasnya.

Prabowo mengatakan, Indo Defence 2022 merupakan perhelatan ke-9, setelah vakum dua tahun silam karena Pandemi COVID-19. Indo Defence 2022 bakal digelar lima hari berturut-turut di tiga tempat, mulai di JIExpo Kemayoran hingga Halim Perdanakusuma.

“Indo Defence tahun ini diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 5 November 2022. Merupakan penyelenggaraan ke-9 sejak dimulai pada tahun 2004. Dan diselenggarakan setiap dua tahun sekali,” kata dia.

“Tahun ini, Indo Defence dilaksanakan di tiga tempat yaitu Indo Defence Expo dan Forum di Kemayoran, Indo Marine Expo dan Forum di Pondok Dayung Jakarta, dan Indo Aero Space Expo dan Forum di Halim Perdanakusuma,” pungkasnya.