Pelatihan Berbasis Kompetensi PT KPI Unit Kasim Bagi Pemuda Kampung Klayas

Berita557 views

Sorong, Inionline.id – Dukung Peningkatan Keterampilan Masyarakat, PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim Kirim Pemuda Klayas untuk Pelatihan Intensif
Sebagai salah satu kampung yang jauh dari perkotaan, Kampung Klayas menjadi salah satu kampung yang mengalami kesulitan akses fasilitas umum, termasuk akses terhadap pelatihan. Kurangnya keterampilan masyarakat Klayas berpengaruh terhadap produktivitas dan perekonomian masyarakat. Sebagai salah satu perusahaan yang berada di sekitar Kampung Klayas, PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim kemudian menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Las dan Bubut yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sorong.

Pelatihan ini resmi dibuka pada hari Selasa, 8 November 2022 yang diikuti oleh 10 pemuda dari Kampung Klayas yang belum memiliki keterampilan. Selama 1 bulan lamanya, mereka akan diberi pelatihan secara intensif dengan sistem boarding di BPVP Sorong. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan las dan bubut yang banyak dibutuhkan dalam berbagai industri. Harapannya, setelah menyelesaikan pelatihan tersertifikasi ini, mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang layak untuk mendorong peningkatan kesejahteraan individu maupun kelompok masyarakat.

“Kami sebagai bagian dari masayarakat, selalu berusaha mendukung perkembangan anak-anak kami di Kampung Klayas, termasuk perkembangan keterampilan mereka. Tentu ini dalam rangka meningkatkan kondisi masyarakat,” ujar Yusuf Mansyur, selaku General Manager RU VII Kasim.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Sorong yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang SDM, Dr. Wa Ode Likewati SE. M.Si menjadi salah satu bentuk nyata kolaborasi antar stakeholder dalam upaya meningkatkan kapasitas masyarakat.

“Adik-adik harus ingat, setelah pelatihan dari sini harus menerapkan Knowledge, Skill, dan Attitude. Ketiga hal ini tidak boleh terlewat kalau ingin sukses,” ujar Wa Ode Likewati dalam sambutannya, sekaligus membuka kegiatan pelatihan.

“Memang kami dari BPVP sangat menyambut baik segala bentuk kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, kabar baiknya kami sekarang bermitra dengan PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Klayas,” kata Rahman Arsyad, ST, M.Sp selaku Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sorong.

Harapannya, dengan pelatihan ini pemuda Kampung Klayas dapat berkembang dan mendapatkan pekerjaan layak untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan Demianus Mangaprau berterimakasih kepada PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim,yang telah mengarahkan dirinya dan peserta lainnya dari kampung klayas untuk mengikuti pelatihan Teknik Las dan Teknik Manufaktur di BPVP Sorong.

“Kami sangat senang sekali dan mengucap syukur kepada RU VII Kasim,karna bisa mengikutkan kami dalam pelatihan teknis las dan manufaktur. Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi kami dalam dunia kerja nanti dan juga kami dapat di terima di perusahan yang ada di Distrik Seget ini,juga yang paling penting bisa membuka wawasan kami dalam mengembangkan diri kami kelak.” Harapnya.