Kebiasaan Pagi Ini Ternyata Bisa Membuat Berat Badan Naik

Kesehatan157 views

Inionline.id – Setiap orang pasti memiliki kebiasaan pagi untuk memulai hari mereka. Mematikan alarm, lalu terbangun dari kasur dan meminum segelas air putih adalah contoh kebiasaan yang sehat di pagi hari.

Tapi tahukah kamu ada beberapa kebiasaan pagi yang dapat merusak kesehatan tubuh? Ya! Jawabannya ada. Melewati waktu sarapan, menunda untuk mematikan bunyi alarm, hingga meminum secangkir kopi manis padahal perut masih dalam keadaan kosong adalah contoh kebiasaan pagi yang tidak sehat.

Kebiasaan pagi yang tidak sehat ini tidak hanya bisa membuat harimu menjadi kurang produktif, tetapi juga dapat menambah resiko kenaikan berat badan. Jika sudah membahas masalah berat badan, tentunya akan ada banyak penyakit yang bisa mengancam kesehatan tubuhmu.

Itu sebabnya penting untuk mengetahui kebiasaan pagi apa saja yang dapat menaikkan berat badan seseorang. Berikut jawabannya dilansir dari lamanĀ thehealthsite.com.

Tidur Terlalu Lama

Waktu tidur yang baik bagi kesehatan adalah 7-8 jam sehari, jika terlalu sedikit waktu tidur ataupun berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan seseorang. Alasannya, saat tidur terlalu lama kamu akan melewati sarapan pagi, di mana hal tersebut akan mempengaruhi metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian dari website kesehatan terpercaya menjelaskan, orang yang tidur selama sembilan sampai 10 jam setiap malam, memiliki kemungkinan 21% menjadi lebih gemuk dibandingkan orang yang tidur 7-8 jam.

Begitu juga kalau terlalu sedikit. Saat kamu banyak berkegiatan di waktu tidur, maka kemungkinan kamu mengonsumsi makanan tidak sehat di malam hari akan semakin besar. Mengakibatkan bertambahnya lemak jahat yang akan berdampak pada berat badan.

Melewatkan Air Mineral di Pagi Hari

Konsumsi air di pagi hari sangat penting untuk fungsi biologis dalam tubuh. Seperti melancarkan pembuangan limbah pada usus, membantu menghilangkan racun, hingga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih efisien.

Kurangnya asupan air di pagi hari juga dapat menyebabkan dehidrasi dan metabolisme tubuh menjadi lambat, di mana bisa berdampak pada sedikitnya kadar kalori yang dibakar oleh tubuhmu. Faktor itu bisa berdampak pada membesarnya lingkar pinggangmu

Menu Sarapan yang Salah

Memilih menu makanan yang tepat di pagi hari juga penting guna menjaga berat badanmu. Misalnya, daripada mengkonsumsi sarapan dengan kandungan minyak yang tinggi, lebih baik pilih menu sarapan dengan kandungan protein tinggi, seperti kacang kedelai, gandum, hingga dada ayam.

Hindari menu sarapan tinggi lemak dan sodium seperti kentang goreng dan kulit ayam, karena makanan tersebut hanya akan membuat perut kembung bukan kenyang. Di mana berdampak pada kurangnya energi untuk menjalani hari.

Mengkonsumsi Kopi dengan Tambahan Krim dan Gula

Mengkonsumsi secangkir kopi dengan krim dan gula berlebih di pagi hari akan meningkatkan kadar gula pada tubuh, yang akan berdampak langsung ke kenaikan berat badan. Selain itu, kandungan asam pada kopi juga akan menyebabkan gangguan bagi pencernaan. Lebih baik memilih konsumsi susu alami bebas gula untuk menemani waktu sarapan di pagi hari.

Itulah 4 kebiasaan pagi yang ternyata bisa berdampak pada kenaikan berat badan seseorang. Ada yang salah satunya menjadi kebiasaan kamu juga? Tolong untuk segera dikurangi demi kesehatan tubuhmu, ya!