Kampus Didorong Fasilitasi Mahasiswa Menjadi Wirausahawan

Pendidikan357 views

Inionline.id – Kampus diminta memfasilitasi mahasiswa menjadi wirausahawan. Dorongan fasilitasi itu kian mudah setelah hadirnya program Wirasuaha Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Program ini memungkinkkan untuk semua mahasiswa bisa mengakses bagaimana menjadi wirausahawan,” kata Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, pada Silaturahmi Merdeka Belajar, dikutip Jumat, 4 November 2022.

Sri menyebut pihaknya sengaja mendorong kampus lantaran mampu menjadi wadah tepat bagi mahasiswa untuk bisa belajar berwirausaha. Dia menyebut kapasitas kampus sudah tak diragukan dalam membentuk mahasiswa.

“Apalagi kita tahu perguruan tinggi sudah punya program inkubator melahirkan wirausaha. Itu perlu dishare untuk bisa diakses banyak mahasiswa,” jelas dia.

Pihaknya mengajak perguruan tinggi yang mempunyai fasilitas untuk dapat menjalankan program Wirausaha Merdeka. “Sehingga, kita bisa memperbanyak wirausahawan ke depannya,” papar Sri.

Program Wirausaha Merdeka terbuka untuk mahasiswa seluruh jenjang, baik D3, D4, S1, S2, dan S3 di seluruh Indonesia. Mahasiswa dapat mendaftar pada laman wirausahamerdeka.id. Informasi selengkapnya dapat mengunjungi Instagram @wirausahamerdeka atau mengunduh panduan di wirausahamerdeka.id/panduan.