Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Masalah Sariawan yang Mengganggu di Mulut

Kesehatan157 views

Inionline.id – Masalah kesehatan yang rentan dialami pada saat berpuasa seperti sekarang adalah sariawan. Hal ini bakal sangat mengganggu dalam menjalankan ibadah puasa.

Sariawan merupakan luka terbuka di selaput lendir kulit yang ada di bibir bagian dalam, pipi bagian dalam pipi, atas mulut, dan lidah. Hal ini bisa terjadi akibat tak sengaja tergigit atau berbagai hal lain.

Ketika sariawan tersentuh atau tergigit, tentu muncul rasa sakit yang luar biasa. Hal ini bisa membuatmu merasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas.

Untuk meredakan masalah ini, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara untuk mengatasi sariawan.

Perhatikan Nutrisi dan Kendalikan Stres

Konsumsi Nutrisi yang Tepat

Saat kamu sariawan, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti seng, asam folat, zat besi, atau vitamin B12. Nutrisi tersebut mampu membantumu menghilangkan atau menyembuhkan luka karena sariawan.

Kendalikan Stres

Tekanan psikologis dan gangguan hormonal bisa menyebabkan sariawan. Agar kamu bisa sembuh dari sariawan, maka kamu harus belajar untuk mengelola stresmu.

Konsumsi Makanan Tertentu serta Oleskan Bawang dan Es Batu

Konsumsi Makanan Tertentu

Makan kiwi, minum jus lidah buaya, atau berkumur dengan air garam yang hangat sangat membantu untuk menyembuhkan sariawan. Cara ini juga cukup lezat untuk diterapkan.

Oleskan Bawang dan Es Batu

Oleskan bawang merah mentah atau es batu di atas luka sariawan. Tindakan ini terbukti bisa menyembuhkan sariawan secara cepat.

Minum Susu serta Gunakann Tomat

Minum Susu

Konsumsi susu bisa membantu mengatasi berbagai masalah yang terjadi di dalam mulut. Konsumsi minuman ini juga bisa efektif untuk mengobati sariawan.

Menggunakan Tomat

Meletakkan tomat di atas luka sariawan bisa membantu mengatasi masalah ini. Kandungan bahan alami di dalamnya bisa menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat.

Gunakan Ramuan Daun Ketumbar dan Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Gunakan Ramuan Daun Ketumbar

Selain air hangat yang dicampur garam, rendaman daun ketumbar juga mampu mengobati sariawan. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Sariawan terjadi akibat serangan virus dan mikroorganisme di dalam sel mulut yang sehat. Oleh karena itu konsumsi beragam makanan peningkat sistem kekebalan tubuh agar kamu terhindar dari sariawan yang menyiksa.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mengatasi sariawan mengganggu yang kamu alami. Selamat mencoba!