Ini 5 Tempat Wisata di Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo

Inionline.id – Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (14/17/2022) lalu, Masjid Sheikh Zayed Solo masih juga dipadati oleh para pengunjung yang dibuat kagum dengan kemegahan bangunan tersebut.

Masjid yang disebut sebagai replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi ini digadang-gadang menelan biaya hingga Rp312 miliar dan seluruh biaya ini ditanggung oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) juga hadir dalam peresmiannya.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo, ada juga beberapa tempat wisata di sekitarnya yang tidak kalah menarik untuk disinggahi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo

1. Pura Mangkunegaran

Sama-sama berada di Kabupaten Banjarsari, Anda bisa mampir ke Pura Mangkunegaran untuk melakukan kunjungan wisata bersejarah.

Bangunan satu ini telah berdiri sejak tahun 1757. Kala itu, KGPAA MAngkunegara II memang menitahkan pembangunan yang memadukan gaya tradisional Jawa dengan Eropa.

Di dalam Pura Mangkunegaran, Anda bisa melihat berbagai koleksi alat musik, perhiasan, wayang, dan peninggalan bersejarah lainnya.

2. Kampung Batik Kauman

Tertarik melihat cara pembuatan batik lebih dekat? Cobalah untuk mengunjungi Kampung Batik Kauman.

Di sini, Anda bisa menyusuri gang-gang dengan bangunan khas yang kebanyakan merupakan showroom batik. Tidak hanya melihat atau coba membuatnya, Anda tentu juga bisa membeli batik oleh-oleh khas Solo di sana.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

Jalan-jalan ke Solo rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi tempat satu ini. Di Keraton Surakarta Hadiningrat, Anda bisa mengajarkan sejarah pada si kecil lengkap dengan benda peninggalannya.

Daerah Keraton Surakarta Hadiningrat ini mencakup Alun-Alun Kidul, ALun-Alun Lor, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sasana Sumewa, Kedaton, dan Kamagangan.

Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU]
Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022).

4. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Tempat wisata dekat Masjid Sheikh Zayed Solo selanjutnya adalah Pabrik Gula De Tjolomadoe. Sesuai dengan namanya, bangunan yang dibangun pada tahun 1861 ini awalnya adalah pabrik gula. Namun, sejak kurang lebih 20 tahun lalu, operasional pabrik gula telah berhenti.

Kini bangunan dengan desain Eropa itu telah diubah menjadi tempat wisata yang menarik bagi para wisatawan.

5. Grojogan Sewu

Rekomendasi tempat wisata dekat Masjid Sheikh Zayed Solo kali ini akan membawa Anda ke tempat dengan udara sejuk dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tepatnya di Grojogan Sewu.

Berlokasi di Karanganyar, air terjun satu ini masih cukup mudah diakses dengan sepeda motor. Tidak hanya mendengarkan gemuruh air dari alamnya secara langsung, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang tidak kalah cantik.