Ini 3 Sarapan yang Baik bagi Penderita Asam Lambung, Tak boleh Asal Pilih

Kesehatan257 views

Inionline.id – Bagi seorang penderita asam lambung, memilih makanan yang bisa disantap di pagi hari menjadi sesuatu yang menantang dan perlu kehati-hatian. Salah memilih saja, maka kadar asam yang ada di dalam tubuh bisa meningkat dan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa perih. Apalagi bila rasa sakit yang timbul sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka akan sangat tak enak dan menyulitkan.

Untuk itu, kamu yang memiliki riwayat asam lambung, ada baiknya bila mengetahui jenis sarapan apa saja yang aman sebagai konsumsi sehari-hari. Lantas, apa sajakah makanan tersebut? Mari simak dulu yang satu ini.

1. Salad Sayur

Menu sarapan pertama yang aman bila dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah salad sayur. Salad yang berisi berbagai macam sayur, seperti selada, timun, dan seledri, dinilai aman dimakan meski dalam jumlah yang banyak. Ini karena makanan yang memiliki kadar air yang tinggi, mampu dicerna dengan baik dan mengencerkan kadar asam yang ada pada lambung.

Selain itu, pertimbangkan juga menambahkan telur rebus sebagai sumber protein. Sehingga, gizi yang kamu dapatkan dalam satu porsi salad tersebut bisa terpenuhi dengan sempurna. Sebagai tambahan, makanan seperti ini bisa sekali untuk disantap meski sedang perut kosong. Jadi, kamu tak perlu merasa khawatir bila asam lambung akan meningkat sewaktu-waktu setelah menyantapnya.

2. Oatmeal

Makanan berserat diketahui menjadi pilihan yang baik untuk para penderita asam lambung. Mengkonsumsi santapan seperti ini, dapat membuat rasa kenyang lebih cepat dan menghindari makan dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mencegah terjadinya penyakit ini. Karena makanan berserat sendiri mampu mengurangi refluks asam yang sering terjadi ketika seseorang makan secara berlebihan.

Oatmeal merupakan salah satu makanan dengan serat yang tinggi dan cara penyajian yang praktis. Jenis makanan ini sering sekali dikreasikan menjadi hidangan yang lezat, sehingga sangat cocok disantap sebagai menu sarapan. Selain itu, kandungan serat yang ada pada oatmeal, dapat membantu pergerakan sistem pencernaan, yang mana hal tersebut adalah baik bagi tubuh.

3. Kentang Rebus

Salah satu menu sarapan yang aman bagi penderita asam lambung adalah makanan dengan karbohidrat yang kompleks. Santapan ini biasanya dapat berupa ubi jalar ataupun kentang rebus. Namun, perhatikan juga cara memproses makanan yang satu ini, ya. Jika pengelolaan bahan makanan yang berkarbohidrat kompleks salah, maka hal tersebut akan menjadi sesuatu yang tak aman untuk lambung manusia.

Kentang yang dimasak dengan banyak lemak, diyakini tak akan baik bagi para penderita asam lambung. Begitu pula jika dimasak bersama bawang merah dan putih. Ini karena, hal tersebut bisa meningkatkan refluks asam yang ada di dalam lambung. Sehingga, potensi terkena penyakit asam lambung bisa lebih tinggi. Karenanya, lebih baik memasak kentang dengan cara direbus, karena dinilai lebih aman dan sehat.

Itulah beberapa menu sarapan yang bisa disantap bagi penderita asam lambung. Kira-kira, yang mana hidangan favoritmu?