Ini 3 Cara Membedakan Apakah Perutmu Benar-Benar Gemuk atau Hanya Kembung

Kesehatan557 views

Inionline.id – Bagi banyak orang, munculnya lemak perut merupakan tanda meningkatnya berat badanmu. Membesarnya perut ini merupakan patokan paling mudah dari berat badan yang meningkat.

Namun kondisi perut yang semakin membesar ini tidak hanya disebabkan berat badan yang meningkat. Ada hal lain yang bisa menyebabkan perut membesar yaitu kondisi kembung.

Perut kembung ini terjadi ketika terdapat cairan atau udara yang menumpuk di dalam perut. Kondisi kembung di perut ini bisa membuatmu merasa tak nyaman serta kenyang sepanjang waktu.

Membedakan antara kembung atau lemak bertumpuk bisa jadi cara untuk mencari jalan keluar dari masalahmu. Dilansir dari The Health Site, berikut cara untuk membedakan apakah perutmu membesar karena lemak atau hanya kembung.

Ukuran Perut Terus Berubah

Perubahan ukuran perut terutama setelah makan atau menstruasi biasanya terjadi karena kembung. Ketika perutmu membesar karena berat badan, maka kondisi membesar ini akan terjadi secara konsiten.

Hanya Perut yang Membesar

Secara visual, ketika hanya perutmu yang membesar dan bagian lainnya tidak, maka hal ini bisa berarti perutmu kembung. Ketika berat badan meningkat, tidak hanya perut yang membesar namun juga bagian tubuh lain baik di sekitarnya maupun di tangan atau kaki.

Perut Menjadi Keras

Perut yang mengeras ketika ditekan bisa menjadi tanda bahwa yang kamu alami adalah perut kembung. Ketika berat badan meningkat dan lemak bertambah, perutmu bakal terasa lunak ketika ditekan.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Masalah perut kembung bisa diatasi dengan sejumlah cara. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjaga asupan air di tubuh untuk melancarkan pencernaan.

Mengurangi asupan garam dan karbohidrat merupakan cara penting lain yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah ini. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga secara rutin untuk memperlancar pencernaan.