Cara Membuat Cokelat Ganache yang Berkilau Dengan Menggunakan Whipping Cream

Inionline.id – Penasaran bagaimana bikin cokelat ganache? Ganache sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti cokelat dan krim. Jadi, pada dasarnya ganache adalah campuran cokelat dan krim dengan perbandingan yang tepat.

Untuk mencoba membuat cokelat yang biasa dijadikan untuk menghias kue, cupcake, atau makanan manis lainnya, coba ikuti resep berikut.

Resep Cokelat Ganache

Bahan

  • 1 cangkir ukuran 240 ml heavy cream atau heavy whipping cream
  • 2 batang cokelat murni jenis dark chocolate 50% masing-masing 4 ons

Cara Membuat Cokelat Ganache

  1. Pertama, siapkan cokelat murni dan heavy cream.
  2. Potong cokelat hingga cukup halus dan mudah leleh saat dipanaskan.
  3. Panaskan heavy cream di dalam mangkok dengan bahan kaca atau logam hingga sedikit mendidih.
  4. Setelah mematikan kompor, tuang krim yang sudah cukup panas ke atas cokelat yang telah dipotong halus tadi. Diamkan beberapa menit sebelum diaduk.
  5. Aduk hingga kedua bahan ini menyatu dengan halus menggunakan adukan berbahan logam atau spatula karet kecil.
  6. Setelah tercampur, Anda sudah bisa menggunakannya untuk melengkapi makanan yang diinginkan, mulai dari dipping, topping, cupcake, es krim, dan lainnya.
  7. Jika ditunggu beberapa saat lagi, sekitar dua jam, cokelat ganache dingin bisa menjadi bahan olesan pada lapisan kue atau dessert lainnya.

Setelah selesai digunakan, tutup cokelat ini dan simpan di kulkas. Daya tahannya bisa mencapai lima hari dalam keadaan ini.

Dalam keadaan beku, cokelat ini bisa bertahan hingga tiga bulan dan bisa digunakan lagi untuk berbagai olahan makanan lezat.

Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat membuat cokelat ganache. Pertama, sebisa mungkin gunakan cokelat batang, bukan cokelat chips. Ini agar membuat cokelat ganache Anda memiliki tekstur yang benar-benar lembut.

Kedua, saat memanaskan heavy cream, jangan sampai tahap mendidih dan terlalu panas. Suhu yang terlalu tinggi justru akan merusak cokelat yang sudah disiapkan dan menjadikan teksturnya kurang sempurna.

Terakhir, saat mengaduk campurannya, jangan gunakan pengocok adonan. Itu dapat membuat terlalu banyak udara di dalam adonan dan memicu munculnya lemak atau ganache yang berminyak.