Budi Gunadi Sadikin Beberkan Sejumlah Strategi Transformasi Sistem Kesehatan Nasional

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Sejumlah strategi transformasi sistem kesehatan nasional dibeberkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Budi mengatakan reformasi sistem kesehatan nasional menjadi salah satu tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya.

“Waktu saya tanya maksud bapak (Jokowi) apa, beliau merasa bahwa adanya pandemi ini, tidak hanya Indonesia, di seluruh dunia, kelihatan bahwa sistem kesehatan kita nasional itu lemah,” kata Budi dalam sebuah diskusi daring, Minggu (27/11) malam.

“Sehingga kita harus melakukan transformasi yang sifatnya masif dan mendasar untuk masa depan,” imbuhnya.

Budi pun mengamini bahwa sistem kesehatan nasional bisa dikatakan masih kurang karena itu pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi.

Pertama, transformasi layanan primer. Kata Budi, terkait hal ini Indonesia masih agak tertinggal, padahal upaya menjaga agar orang tetap sehat juga semestinya menjadi fokus.

Kedua, transformasi terkait layanan rujukan atau rumah sakit. Selanjutnya, transformasi sistem ketahanan kesehatan, ini terkait obat, vaksin, hingga tenaga kesehatan cadangan.

“Sehingga kalau ada pandemi lagi, kalau ada bencana kesehatan besar, negara kita kuat, karena kita kan penduduknya banyak,” ucap Budi.

Keempat yakni transformasi sistem pembiayaan kesehatan, lalu transformasi SDM kesehatan. Poin terakhir adalah transformasi teknologi kesehatan.