Warga Jepang Mengungsi-Layanan Kereta Terhenti Setelah Korut Tembakkan Rudal

Internasional057 views

Inionline.id – Warga Jepang diminta mengungsi ke tempat aman dan berlindung saat Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik pada Selasa (4/10) pagi waktu setempat. Rudal Korut itu sempat mengudara hingga melintasi wilayah Jepang untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

Selasa (4/10/2022), pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung saat rudal Korut terlihat mengudara di atas wilayah Jepang sebelum jatuh ke perairan Samudra Pasifik. Itu menjadi momen pertama ketika rudal Korut mengudara melintasi wilayah Jepang sejak tahun 2017 lalu.

Pemerintah Jepang tidak menggunakan langkah pertahanan apapun untuk menghancurkan rudal Korut tersebut.

“Serangkaian tindakan Korea Utara, termasuk peluncuran rudal balistik berulang kali, mengancam perdamaian dan keamanan Jepang, kawasan dan komunitas internasional, dan memberikan tantangan serius bagi seluruh komunitas internasional, termasuk Jepang,” tegas juru bicara pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno.

Matsuno menyebut rudal Korut itu mengudara sejauh 4.600 kilometer pada ketinggian maksimum 1.000 kilometer.

Selain memicu peringatan mengungsi bagi warga Jepang, seperti dilaporkan televisi nasional NHK, rudal Korut itu juga memaksa East Japan Railway Co untuk menangguhkan layanan kereta api di wilayah utara Jepang.

Dalam konferensi pers, Matsuno menyatakan tidak ada laporan kerusakan pada pesawat maupun kapal akibat rudal Korut tersebut.