Sekjen PDIP Memberi Bocoran soal Pengumuman Capres 2024

Politik257 views

Inionline.id – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memberi bocoran mengenai waktu pengumuman calon presiden (Capres) 2024 yang akan diusung PDI Perjuangan. Menurutnya, capres akan diumumkan usai persoalan bangsa selesai.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menggelar pertemuan dengan partai-partai yang akan digandeng menjadi koalisi.

“Nah itu nanti dilakukan setelah berbagai persoalan ekonomi ini dapat diatasi,” kata dia di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Minggu, (30/10).

Hasto mengingat kembali masa-masa Pilpres 2019. Di mana, pada saat itu Megawati bertemu dengan Jokowi yang sebelumnya dicalonkan menjadi Presiden pada periode kedua.

“Nanti juga sama akan ada pertemuan-pertemuan yang intens antara ibu Mega, Pak Jokowi, kemudian pertemuan dengan para ketum yang akan bersama-bersama membangun kerja sama,” ujar dia.

Hasto menegaskan momentum pertemuan itu akan dilakukan setelah berbagai persoalan ekonomi bangsa dapat diatasi. Hasto menyinggung Pidato Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Bangsa ini menghadapi ujian pada tahun depan akibat perang besar antara Rusia dan Ukraina. Akhir-akhir ini terjadi krisis pupuk, krisis pangan, krisis energi. Belum lagi, ketegangan antara China dan Taiwan berpotensi menimbulkan persoalan-persoalan geopolitik.

Sementara, tantangan di dalam negeri saat ini adalah berjuang mengatasi berbagai tekanan dan persiapan menggelar G20 dan kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

“Sehingga situasi eksternal global itu sangat volatil dan kemudian penuh ancaman yang semakin destruktif yang mengganggu keamanan global. Hal-hal itu yang harus kita lakukan dulu supaya energi bangsa ini betul-betul terkonsentrasi pada tugas kita yang telah dipercaya dunia internasional untuk menjadi pemimpin G20, itu yang seharusnya jadi fokus kita,” ujar dia.