Resep Basreng Renyah Tanpa Daging yang Bisa Tahan Hingga 2 Bulan

Inionline.id – Basreng alias bakso goreng merupakan salah satu camilan yang digemari hampir semua kalangan. Pasalnya, teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih ini juga cocok dijadikan sebagai lauk pendamping.

Anda bisa membuatnya langsung dengan menggoreng bakso siap pakai yang banyak dijual. Namun, itu tidak akan tahan lama dan mungkin teksturnya tidak terlalu renyah.

Selain membeli, pastinya Anda juga bisa membuat basreng sendiri. Eits, tenang saja! Meski dinamakan bareng alias bakso goreng yang selalu identik dengan daging sapi atau ayam, Anda tetap bisa membuat basreng tanpa daging loh.

Dilansir dari kanal YouTube The Hasan Video, berikut resep basreng renyah ekonomis, tahan simpan sampai dua bulan.

Bahan:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 1 bungkus mi instan kuah
  • 1 butir telur
  • 1 sdm margarine
  • 1 sdm bubuk kaldu udang, ayam, sapi, atau jamur
  • 2-3 batang daun seledri, rajang halus
  • 50-80 ml air panas, sisa rebusan mi.

Cara membuat basreng renyah tahan lama:

  1. Pertama, remuk kasar mie instan kuah lalu rebus sampai matang, tiriskan.
  2. Setelah itu, bumbui mie instan dan tambahkan bubuk kaldu penyedap sesuai selera, potongan seledri, satu buah telur, margarine, dan tepung tapioka. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  3. Setelah itu, tambahkan air sambil diaduk sampai adonan kalis dan menjadi satu.
  4. Berikutnya, bagi adonan basreng menjadi lima bagian lalu bentuk memanjang. Setelah dibentuk, tusuk-tusuk adonan basreng dengan lidi atau garpu supaya tidak meletus-letus saat digoreng.
  5. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya dan goreng adonan basreng sampai setengah matang, angkat lalu tiriskan. Tusuk sesekali sambil digoreng supaya adonan tidak meletus.
  6. Jika basreng sudah mulai berubah warna, kecilkan api supaya adonan basreng tidak pecah. Jika sudah setengah matang, angkat lalu tiriskan. Diamkan basreng sampai dingin, selama 4-6 jam.
  7. Setelah dingin, potong-potong basreng sesuai selera, semakin tipis potongan, basreng akan semakin renyah.
  8. Setelah dipotong-potong, goreng kembali basreng sampai matang. Goreng basreng dengan minyak panas di empat menit pertama sambil terus diaduk supaya tidak gosong.
  9. Selanjutnya, jika tekstur basreng sudah terlihat keras, kecilkan api. Goreng paling lama 8 menit supaya basreng tidak menjadi terlalu keras.
  10. Angkat basreng, lalu tiriskan. Lakukan sampai semua potongan basreng habis.
  11. Basreng kriuk siap disajikan.

Jika ingin menyimpan basreng, pastikan Anda menggorengnya terlebih dahulu sampai kering lalu simpan di wadah yang kedap udara. Dengan begitu, kriuknya bisa tahan bahkan sampai dua bulan.

Selain rasa original, Anda juga bisa menambahkan berbagai penyedap rasa, mulai dari barbeque, keju, blackpepper, dan lainnya sesuai selera. CAranya, cukup taburkan saat basreng akan disantap.