Presiden Jokowi Perintahkan Investigasi Tuntas Soal Tragedi Kanjuruhan

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Dalam tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya melakukan investigasi secara tuntas dan memberikan sanksi kepada yang bersalah.

“Kan sudah saya sampaikan diinvestigasi tuntas, diberi sanksi memang kepada yang bersalah udah,” kata Jokowi saat kunjungan ke Batang, Jawa Tengah yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/10).

Jokowi juga menyatakan sudah memerintahkan kepada jajarannya untuk menyelesaikan insiden ini. Baik kepada Menko Polhukam Mahfud MD, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo hingga Menpora Zainudin Amali.

Namun ia mengaku belum memiliki rencana untuk mengunjungi para korban tragedi itu dalam waktu dekat ini.

“Belum ada rencana,” kata dia.

Pemerintah mencatat 125 orang meninggal dunia dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan. Tragedi ini bermula ketika sejumlah suporter Arema FC turun ke lapangan ketika timnya dikalahkan Persebaya dengan skor 2-3. Aparat kemudian mengamankan dan mengawal para pemain dan ofisial kembali ke ruang ganti.

Pada waktu bersamaan, aparat mencoba untuk membuyarkan massa di lapangan hingga menggunakan gas air mata.

Para suporter yang berada di tribun panik, sehingga berupaya berdesak-desakan keluar dari stadion. Di tengah kepanikan itu, banyak penonton mengalami sesak napas, terjatuh, dan terinjak-injak hingga tewas.

Menko Polhukam Mahfud MD membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.