Ini 8 Hal yang Bisa Menyebabkan Munculnya Noda Kuning di Gigi

Kesehatan157 views

Inionline.id – Menjaga kesehatan gigi merupakan sebuah hal yang wajib kita lakukan untuk mencegah munculnya masalah kesehatan lain. Kondisi gigi ini juga bisa berpengaruh terhadap berbagai hal lain.

Kondisi kesehatan gigi bisa mempengaruhi penampilan serta tingkat percaya diri seseorang. Hal ini terutama ketika munculnya warna kuning yang tampak sumbang di gigi.

Noda kuning di gigi in bisa muncul dan disebabkan oleh sejumlah faktor. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah faktor yang bisa menyebabkan terjadinya masalah gigi kuning.

Merokok dan Kerusakan Saraf

Merokok

Umumnya gigi bernoda kuning hingga kecoklatan terjadi pada mereka yang perokok. Sebabnya rokok mengandung nikotin yang jika terkombinasikan dengan oksigen akan meninggalkan jejak noda kuning atau bintik hitam.

Kerusakan Saraf di Gigi

Kerusakan saraf di dalam gigi memiliki suatu tanda yang bisa kamu kenali ketika melihatnya. Munculnya noda cokelat atau abu-abu di gigi merupakan tanda terjadinya masalah ini.

Menumpuknya Bakteri dan Meluruhnya Gigi

Menumpuknya Bakteri

Bakteri yang menumpuk di gigi akan menyebabkan akumulasi plak. Bakteri dan jamur kemudian akan berkembang biak dan menghasilkan warna yang membentuk noda oranye di gigi.

Peluruhan Gigi

Peluruhan gigi bisa terjadi karena perawatan gigi yang salah. Peluruhan ini akan menyebabkan noda putih, kuning, cokelat, dan bahkan hitam di gigi.

Penuaan dan Kebersihan Gigi yang Kurang

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan gigi juga bakal mengalami perubahan. Kondisi ini menyebabkan lapisan luar atau email gigi akan terkikis sehingga gigi jadi tampak kuning.

Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Gigi yang tidak dibersihkan dengan baik bisa membuat residu terbentuk dan menyebabkan gigi jadi berwarna kuning. Oleh karena itu bersihkan gigimu dengan teratur dan menyeluruh.

Kegagalan Restorasi Gigi dan Cedera

Restorasi Gigi yang Gagal

Beberapa proses restorasi gigi seperti veneer, inlay, onlay, atau pemasangan mahkota bisa berdampak buruk jika tidak dilakukan dengan tepat. Dampak yang muncul dari hal ini adalah warna gigi yang berubah menjadi kuning.

Cedera Gigi

Cedera gigi yang membuat gigi patah atau retak juga akan menyebabkan kerusakan enamel atau saraf gigi. Akibatnya muncul noda kekuningan tak diinginkan di gigimu.