Ini 5 Makanan yang Bisa Memunculkan dan Memperburuk Bau Badan

Kesehatan157 views

Inionline.id – Bau badan merupakan suatu permasalahan yang kerap kita hadapi sepanjang hari. Hal ini terutama karena kita hidup di negara tropis dengan suhu cenderung hangat sehingga kita berkeringat setiap hari.

Penggunaan deodoran dan parfum merupakan salah satu kunci untuk mengatasi maslaah bau badan ini. Sabun mandi dan jenis pakaian yang tepat juga penting untuk diperhatikan.

Memburuknya bau badan yang kita miliki ini kadang tidak hanya dipicu oleh cuaca dan jenis pakaian saja. Hal ini ternyata juga bisa dipicu oleh makanan yang kita konsumsi.

Sama seperti pengaruh makanan terhadap bau napas, makanan juga bisa menimbulkan dampak pada bau badan. Beragam makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa menjadi pemicu memburuknya bau badan ini.

Penting untuk menghindari sejumlah makanan ini jika kamu memiliki masalah bau badan. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah makanan yang bisa memunculkan dan memperburuk bau badan.

1. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous atau sejenis kubis memiliki kandungan sehat untuk usus namun bisa berdampak buruk bagi bau badan. Sayuran ini bisa melepaskan bau belerang melalui keringat dan menyebabkan bau tak sedap.

“Sayuran ini bisa menyebabkan berbagai masalah bagi bau badan,” terang nutrisionis Shona Wilkinson.

“Kandungan serat ini tidak terurai di usus dan menjadi kotoran serta menjadi sumber makanan bagi sejumlah bakteri,” sambungnya.

Daging Merah dan Fenugreek

2. Daging Merah

Sebuah penelitian mengungkap bahwa ketika seseorang menjadi vegetarian, maka bau badan yang keluar dianggap lebih ringan dan tidak menganggu. Dari penelitian ini, diketahui bahwa terdapat hubungan antara konsumsi daging merah dan bau badan.

Daging merah cenderung lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga meninggalkan sisa di saluran pencernaan. Hal ini bisa menimbulkan bau badan tak sedap bagi tubuh kita.

3. Fenugreek

Fenugreek kerap menjadi bumbu dalam masakan serta menjadi obat. Namun, siapa sangka bahwa fenugreek ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya bau badan tak sedap.

“Pasalnya kandungan sotolon, komponen yang menyebabkan bau tak sedap, melewati tubuh dan tidak berubah hingga akhirnya keluar lewat keringat dan urine,” terang Wilkinson.

“Sotolon juga biasanya ditemui pada sirup maple dan rum,” sambungnya.

Ikan dan Kopi

4. Ikan

Ikan merupakan makanan sehat dengan beragam kandungan seperti vitamin D dan asam lemak omega 3 di dalamnya. Namun siapa sangka bahwa ternyata ikan juga bisa menjadi penyebab munculnya bau badan tak sedap.

Wilkinson mengatakan bahwa sejumlah ikan memiliki kandungan kolin yang cukup tinggi. Pada saat tubuh tidak dapat mencerna kolin ini, maka seseorang bisa mengalami munculnya bau seperti ikan dari tubuhnya.

5. Kopi

Konsumsi kopi bisa menyebabkan tak hanya munculnya bau napas namun juga munculnya bau badan. Kandungan kafein di dalam kopi bisa membuat kelenjar keringat menjadi aktif.

Lebih lanjut, konsumsi kopi bisa membuat seseorang berkeringat secara berlebih dan memunculkan bau badan. Hal ini bisa menjadi lebih parah ketika seseorang sensitif terhadap kafein.