BRIN: Esensi Pendidikan Sebetulnya Memajukan Peradaban Manusia

Pendidikan657 views

Inionline.id – Kepala Pusat Riset Pendidikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Triana Fizzanty, meminta seluruh pihak mendalami lagi esensi pendidikan. Dia menyebut esensi pendidikan sebenarnya ialah orientasi memajukan manusia.

“Bahwa pendidikan itu adalah memajukan peradaban manusia, jadi itulah esensi pendidikan sebenarnya,” kata Triana dalam siaran YouTube BRIN dikutip Rabu, 5 Oktober 2022.

Triana menyebut dalam pembukaan UUD 1945 juga telah jelas pendidikan menjadi tujuan kemerdekaan. Dia menuturkan kemerdekaan negara harus mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita tidak mungkin jadi bangsa besar kalau tidak memperhatikan seungguh-sungguh esensi pendidikan tersebut,” tutur dia.

Triana menyebut saat ini terdapat sejumlah tantangan pengembangan pendidikan di Indonesia. Dia berharap seluruh pihak membantu mendeteksi permasalahan dunia pendidikan.

“Jadi, banyak indikator yang kita lihat. Dan kita lihat saat ini masih cukup pelik berbagai tantangan yang ada dari berbagai indikator,” tutur dia.