10 Pendaki Tewas 18 Orang Hilang Akibat Salju Longsor di Himalaya

Internasional257 views

Inionline.id – Sedikitnya 10 orang dikonfirmasi tewas setelah salju longsor menerjang para pendaki di Himalaya yang ada di wilayah India. Sekitar 18 anggota ekspedisi pendakian lainnya dilaporkan masih hilang.

Rabu (5/10/2022), belasan peserta pelatihan pendakian terjebak salju longsor pada Selasa (4/10) pagi waktu setempat, di dekat puncak Gunung Draupadi ka Danda-II di negara bagian Uttarakhand.

Angkatan Udara India dan badan penanggulangan bencana setempat membantu upaya pencarian para korban sebelum hujan salju lebat dan hujan deras memaksa mereka menangguhkan pencarian pada malam hari.

“Tim penyelamat telah menemukan 10 jenazah,” sebut kepolisian negara bagian Uttarakhand dalam pernyataan via Twitter, setelah operasi pencarian berlanjut keesokan paginya.

Sekitar 14 orang telah berhasil diselamatkan dari lokasi longsor, yang terletak di ketinggian 4.900 meter dari permukaan laut. Kepolisian setempat menyatakan lima orang di antaranya tengah menjalani perawatan medis di rumah sakit lokal di Uttarkashi.

Rekaman video dari kepolisian menunjukkan sejumlah pendaki yang diselamatkan tiba di kota dan mampu berjalan tanpa bantuan dengan dikawal petugas.

Dalam pernyataan terpisah, Kepala Menteri Uttarakhand Pushkar Singh Dhami mengonfirmasi via Twitter bahwa pendaki ulung bernama Savita Kanswal, yang awal tahun ini menaklukkan puncak Everest, termasuk di antara korban tewas.

Kanswal merupakan seorang instruktur dalam ekspedisi tersebut dan telah dipuji oleh komunitas pendaki karena mampu mencapai puncak tertinggi dunia dan Makulu di dekatnya hanya dalam waktu 16 hari — rekor bagi pendaki wanita.

Juru bicara badan penanggulangan bencana setempat, Ridhim Aggarwal, menuturkan kepada AFP bahwa para pendaki terjebak di celah yang dalam setelah salju longsor terjadi.

Institut Pendakian Gunung Nehru menyatakan ekspedisi itu melibatkan 34 peserta pelatihan, tujuh instruktur dan seorang asisten perawat.

Pejabat senior penanggulangan bencana, Devendra Singh Patwal, menuturkan kepada AFP bahwa dua helikopter Angkatan Udara India dikerahkan ke lokasi longsor untuk membantu pencarian.