Untuk Bandara Pranoto di IKN Kemenhub Gelontorkan Ekstra Rp64 M

Ekonomi657 views

Inionline.id – Untuk kegiatan keamanan penerbangan di Bandara Pranoto Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian Perhubungan akan menggelontorkan dana sebesar Rp64 miliar . Dana tersebut, berasal dari tambahan pagu anggaran 2023 sebesar Rp176 miliar.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Nur Isnin Istiartono mengatakan dengan tambahan dana tersebut, maka pagu anggaran Ditjen Perhubungan Udara menjadi Rp7,17 triliun.

“Merujuk pasar Surat Bersama Menteri PPN/Kepala dan Menteri Keuangan, pagu anggaran Ditjen Perhubungan Udara 2023 menjadi sebesar Rp7,17 triliun di mana terdapat tambahan alokasi sebesar Rp176 miliar untuk memenuhi keselamatan penerbangan dan dukungan IKN,” ujar Nur Isni dalam rapat dengan komisi V DPR, Kamis (1/9).

“(Alokasi itu) untuk kegiatan pada bandar udara APT Pranoto sebagai kebutuhan dukungan program IKN,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nur Isnin memaparkan fokus program Ditjen Perhubungan Udara pada 2023 adalah penyelesaian kontrak tahun jamak dan tunggakan pekerjaan, pelayanan masyarakat melalui program jembatan udara, dan program keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Kemudian program padat karya dan yang terakhir adalah dukungan konektivitas dalam rangka ekonomi pemulihan nasional dalam program nasional,” ujarnya.