Tinjau Drainase Jalan Provinsi di Kabupaten Bogor, Dewan Jabar Supono Beberkan Catatannya

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.id – Sebagai bentuk pelaksanaan fungsi pengawasan anggaran, rombongan Komisi IV DPRD Jawa Barat melakukan peninjauan lapangan ke Jalan Provinsi yang berlokasi di Kabupaten Bogor, Kecamatan Gunung Putri pada UPTD BPJ Wilayah I. Jumat, (02/09/2022) yang lalu.

Menurut anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor H. Supono, dirinya mencatat dua hal yang harus diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui dinas terkait.

“Jadi yang pertama rupanya banyak jalan Provinsi yang daya dukung infrastrukturnya tidak terpenuhi, kemarin kita melihat ada drainase yang tertutup terutama yang sudah ada drainasenya, ternyata tertimbun oleh material dan lain-lain sehingga pemeliharaan itu ada,” ujarnya saat dihubungi awak media via telepon, Kamis (08/09/2022).

Lalu H. Supono meminta kepada dinas terkait untuk jalan-jalan Provinsi terutama yang sudah ada baik itu existing sebelumnya maupun juga swadaya masyarakat atau apapun yang berkaitan dengan drainase agar supaya dirapihkan.

“Yang kedua adalah menambah jalan-jalan Provinsi yang didaerah-daerah padat penduduk atau melintasi perkotaan, pedesaan itu agar supaya ada drainasenya diperbaiki karena rusaknya jalan itu salah satunya adalah tata kelola pembuangan air yhang tidak bagus sehingga tumpah kejalan, tergenang, menyebabkan retak, pecah, rusak berlubang,” ucapnya.

Proyek revitalisasi drainase jalan Provinsi ini pun mendapat apresiasi dari H. Supono dimana fakta ditemukan bahwa Kelurahan Gunung Putri ikut melakukan swadaya pembangunan.

“Jadi saluran airnya besar, itu otomatis mengurangi banjir, kemudian memperlancar arus buangan air kalau hujan, jadi jalan juga bisa lebih lama dan lebih kuat,” pungkas politisi PAN tersebut.

Kedepannya H. Supono bersama Komisi IV DPRD Jabar mendorong untuk jalan Provinsi yang belum ada drainasenya, maka jalan-jalan Provinsi tersebut harus memiliki drainase yang baik.