Sri Mulyani Mendorong Unpad Terus Ciptakan SDM Berkualitas

Pendidikan257 views

Inionline.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan negara maju dicirikan dari kualitas sumber daya manusianya. Perguruan tinggi memiliki peran penting menjadi institusi yang terus mendukung penciptaan dan pembangunan sumber daya manusia berkualitas.

“Saya ingin mengajak kepada seluruh sivitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) dan hadirin untuk bersama-sama, mari kita mencurahkan upaya, pikiran, tenaga dan sumber daya untuk terus membangun kualitas pendidikan yang makin baik sesuai kebutuhan zaman,” kata Ani, sapaan karib Sri Mulyani dalam Webinar 1: Pemulihan dan Penguatan Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi Pasca Pandemi dikutip dari laman unpad.ac.id, Kamis, 1 September 2022.

Ani berharap Unpad terus meningkatkan kualitas proses pendidikan dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan problem solving. Dia mengatakan perguruan tinggi perlu meningkatkan pencapaian bukan hanya dari sisi partisipasi lulusan atau mahasiswa tetapi juga skor intelektual mereka.

“Tentu perguruan tinggi tidak bisa menjawab semua persoalan yang ada di negara dan bangsa serta dunia. Dibutuhkan kolaborasi. Oleh karena itu kerja sama antara pemerintah, perguruan tinggi, dan industri atau swasta menjadi keharusan,” kata Ani.

Ani menuturan APBN memiliki peranan yang sangat penting dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia. APBN Tahun 2023 memiliki lima agenda.

Salah satunya, menguatkan kualitas SDM secara produktif, inovatif, dan berdaya saing melalui reformasi di sektor pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial.

“Tahun 2023 anggaran di bidang pendidikan akan meningkat lebih tinggi lagi yaitu Rp608,3 triliun. Ini merupakan angka yang luar biasa besar,” ujar dia.

Ani menyebut saat ini pemerintah akan terus berkomitem memperkuat dan memperbaiki kualitas belanja pendidikan. Baik melalui pemerintah daerah mapun kementerian/lembaga.

“Pemerintah juga akan memperkuat investasi di bidang pendidikan dengan melakukan perluasan, terutama untuk pembiayaan beasiswa, baik pendidikan, maupun riset dan inovasi,” papar dia.

Webinar yang diselenggarakan dalam rangka Lustrum XIII Unpad ini dibuka resmi oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Ida Nurlinda. Ida berharap webinar ini dapat menghadirkan gagasan inovatif dan kreatif.

“Melalui kegiatan webinar ini saya berharap dapat lahir gagasan-gagasan untuk membantu perguruan tinggi menghadapi era pasca pandemi, hybrid university, dan learning loss,” kata Ida.

Sementara itu, Koordinator Webinar Series Lustrum XIII Unpad R Achmad Gusman Catur Siswandi mengatakan webinar diikuti 260 peserta daring. Webinar ini diharapkan dapat menyebarluaskan informasi dari pemangku kepentingan dalam menghadapi dan menyelesaikan isu-isu terkait tataran baru di era hybrid university dan pascapandemi.

Webinar ini menghadirkan pembicara Professor Stefan Rothenburg dari University of California Davis, Arianti Anaya selaku Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Andin Hadiyanto selaku Direktur Utama LPDP, dan Aulia Iskandarsyah selaku Direktur SDM Unpad.