Semangat TA Menjadi Inspirasi Pekerja Pertamina Untuk Berbagi

Berita157 views

Balikpapan, Inionline.id – Sebagai bentuk komitmen untuk memastikan kehandalan operasional Kilang, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan saat ini sedang melakukan program perawatan kilang skala besar atau yang dikenal dengan program turn around (TA). Program TA ini dilaksanakan setiap 3 atau 4 tahun sekali.

“Program TA merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk memastikan kehandalan operasional kilang. Pengelolaan yang handal, aman dan selamat akan menjadi legacy yang harus dibangun Pertamina. Ini juga akan menjadi catatan sejarah panjang bagaimana kompetensi Pertamina memastikan pengelolaan kilangnya dapat berjalan aman dan selamat,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin. (Minggu, 25/09)

Disemangati oleh pekerjaan besar tersebut, para pekerja KPI Unit Balikpapan juga melaksanakan program employee volunteerism dengan melakukan penggalangan dana. Penggalangan yang dilakukan kali ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.39 juta.

“Penggalangan dana serta penyaluran bantuan yang dilaksanakan selama masa TA ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar kami untuk memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Esa melalui dukungan doa dari orang-orang sekitar kilang agar pekerjaan TA ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Chandra.

Pekerjaan TA tentu tidak semata-mata menuntut kemampuan teknis para pekerjanya, namun tentunya ada kuasa yang lebih besar. “Sebagai orang yang beriman, tentu kita menyakini ada kekuatan yang lebih besar dari kemampuan kita sebagai manusia. Untuk itu, usaha kita tetap harus disempurnakan dengan permohonan doa,” kata Chandra.

Donasi yang terkumpul tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk paket sembako. Paket sembako yang disalurkan sebanyak 254 paket. Penyaluran bantuan dilakukan setiap hari Jumat sejak pertengahan bulan Agustus lalu.

Penerima bantuan paket sembako tersebut antara lain para supir angkot, petugas kebersihan Pasar Pandan Sari, warga Kelurahan Prapatan yang terkena longsoran, warga masyarakat kurang mampu di Kelurahan Karang Jati dan Margasari, guru TPA TPQ di Kelurahan Baru Tengah, masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Gunung Polisi Kelurahan Baru Ilir serta Rumah Tahfizh Qur’an Daarul Farhanah.

“Pertamina saat ini juga terus mendorong para pekerjaanya terlibat dalam berbagai kegiatan sosial. Jadi selain mengumpulkan donasinya, para pekerja tersebut juga membantu penyalurannya. Semoga bantuan ini menjadi berkah buat semua,” tutup Chandra.