NasDem Membeberkan Alasan Tak Kunjung Koalisi dengan Demokrat dan PKS

Politik057 views

Inionline.id – Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya membeberkan alasan partainya dengan Demokrat dan PKS tak kunjung berkoalisi. Salah satunya, karena NasDem dengan kedua partai tersebut belum pernah menjalin kerja sama.

“Satu, kami belum pernah bekerja sama sebelumnya. Tentu ini nggak bisa kawin paksa kan, tentu proses pembangunan chemistry di dua ranah, ranah antarpartai, ranah antara kandidat dengan partai, itu tidak sederhana itu,” kata Willy saat ditemui di ruangan Fraksi NasDem, Jakarta, Senayan, Senin (19/9).

Selain itu, faktor lain yakni proses pencocokan kedua layer dari masing-masing partai. Sebab, proses tersebut harus berjalan bersamaan, sehingga itu menjadi ganjalan masing-masing partai.

“Dua layer ini harus berjalan secara simultan. Itu yang beratnya itu, ada orang yang kadang-kadang misal kita contoh, tetangga, langsung partainya saja. Itu kan satu layer, sementara ini bekerja dalam dua ranah lah, dua dunia, dua alam, capres-cawapresnya dan partainya,” paparnya.

Lebih lanjut, Willy menuturkan, saat ini peluang PKS, Demokrat, NasDem untuk berkoalisi sudah mendekati kesepakatan.

“Peluangnya ya sejauh ini komunikasi bagus lah. (80 persen) Bisa jadi, kalau kesepakatan beberapa hal terpenuhi,” ungkap Willy.

Dalam pembahasan koalisi, Willy mengatakan, partainya bukan hanya membicarakan visi, namun juga membahas permasalahan kebangsaan. Setelah menemukan titik persamaan, pembahasan calon akan berlanjut.

“Bukan hanya visi, berangkat dari problem, habis itu baru kita bersepakat apa yang harus kita lakukan, abis itu baru oh kalau begini siapa yang cocok,” imbuhnya.