by

Nadiem Menyebut Punya Tim Beranggotakan 400 Orang di Luar Kemendikbud

Inionline.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan memiliki tim khusus di luar kementerian.

Nadiem menyebut tim khusus itu terdiri dari 400 orang. Mereka pun turut berkontribusi dalam mendesain sejumlah kebijakan yang dikeluarkan Kemendikbudristek.

“Kami sekarang memiliki 400 manajer produk, insinyur perangkat lunak, ilmuwan data yang bekerja sebagai tim yang melekat untuk kementerian,” kata Nadiem dalam video yang diunggah di instagram @nadiemmakarim pada Rabu (21/9).

Pernyataan itu Nadiem ungkapkan dalam rangkaian agenda United Nations Transforming Education Summit di markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Nadiem menjelaskan bahwa 400 orang itu bukan bagian dari vendor Kemendikbudristek. Namun, posisinya setara dengan suatu direktorat di dalam kementerian.

“Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jenderal yang beberapanya hadir di sini,” ucapnya.

“Mereka diposisikan sebagai rekan bertukar pikiran dalam mendesain produk kami,” ujar Nadiem menambahkan.

Nadiem lantas menjelaskan bagaimana tim tersebut bekerja. Biasanya, kata Nadiem, Kemendikbudristek akan menyampaikan arahan kepada tim. Lalu, tim akan melakukan pengecekan dan validasi.

“Jadi kementerian akan menyampaikan arahan kepada mereka dan tim produk akan mengatakan ‘Sebentar kami akan cek dulu ke para guru dan melakukan survei untuk memvalidasi yang kami kerjakan’,” ujarnya.