Nadiem Membentuk Organisasi Bayangan, Manajer Produk Setara Dirjen Kemendikbud

Berita257 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membuat organisasi ‘bayangan’ di luar lembaganya. Organisasi itu terlibat dalam mendesain produk kebijakan yang dikeluarkan Kemendikbud.

Nadiem mengatakan organisasi itu berisi 400 orang yang bukan bagian dari vendor KemendikbudRistek. Namun, posisinya setara dengan suatu direktorat di dalam kementerian.

“Kami sekarang memiliki 400 manajer produk, insinyur perangkat lunak, ilmuwan data yang bekerja sebagai tim yang melekat untuk kementerian,” kata Nadiem dalam video yang diunggah di Instagram @nadiemmakarim pada Rabu (21/9).

“Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jenderal yang beberapanya hadir di sini,” ucapnya.

Pernyataan itu dia ungkapkan dalam rangkaian agenda United Nations Transforming Education Summit di markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Nadiem pun menjelaskan bagaimana tim tersebut bekerja. Biasanya, Kemendikbudristek akan menyampaikan arahan kepada tim. Lalu, tim akan melakukan pengecekan dan validasi.

“Mereka diposisikan sebagai rekan bertukar pikiran dalam mendesain produk kami,” ucap dia.

“Jadi kementerian akan menyampaikan arahan kepada mereka dan tim produk akan mengatakan ‘Sebentar kami akan cek dulu ke para guru dan melakukan survei untuk memvalidasi yang kami kerjakan’,” imbuhnya.