Menteri Agama Mengatakan ada Kemungkinan Tahun Depan Kuota Haji Indonesia Naik

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Pada penyelenggaraan haji tahun 1444 Hijriah atau 2023 masehi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan ada kemungkinan kuota jemaah haji bagi Indonesia akan bertambah.

“Ada kemungkinan kuota jemaah haji Indonesia juga akan meningkat pada 2023 dibandingkan tahun ini yang hanya 100.051 jemaah,” kata Yaqut dalam keterangan resminya dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H/2022 di Batam.

Meski demikian, penambahan jumlah jemaah haji tahun depan ini akan punya konsekuensi tersendiri. Seperti banyaknya energi dan konsentrasi yang harus dikeluarkan oleh petugas dalam memberikan pelayanan.

Menag meminta jajarannya dan pihak terkait lainnya untuk menyiapkan penyelenggaraan haji tahun 2023 sebaik mungkin.

“Tantangan haji ke depan diyakini semakin tidak ringan,” kata dia.

Selain jumlah jemaah yang harus dilayani berpotensi bertambah, Yaqut mengatakan penyelenggaraan haji ke depannya juga harus bisa responsif terhadap Visi Saudi 2030. Ia meminta agar disiapkan mitigasi jika penyelenggaraan haji ke depan tidak lagi banyak melibatkan pihak Kerajaan Arab Saudi misalnya.

Yaqut berpesan agar persiapan pelayanan haji ke depan harus lebih matang dan detail agar tidak banyak hal yang terlewatkan.

“Untuk itu ke depan saya minta harus ada banyak inovasi. Seperti jaket pendingin yang tahun ini sudah dicoba mungkin perlu diadakan untuk para petugas di lapangan. Demikian juga layanan fast track bisa diperbanyak tak hanya di Jakarta, tapi bisa di Jateng dan Jatim,” pinta dia.

Sebagai informasi, Arab Saudi kembali membuka operasional ibadah haji bagi jemaah dari luar negaranya usai dua tahun absen imbas pandemi Covid-19 pada penyelenggaraan haji 1443 H/2022 tahun ini. Saudi memberikan kuota total 1 juta jemaah haji di luar negaranya tahun ini. Sementara total kuota jemaah haji untuk Indonesia yaitu sebanyak 100.051.