Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Untuk Sementara Lalin ke Istana Bogor Ditutup Kawat Berduri

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Siang ini mahasiswa di Bogor kembali turun ke jalan untuk mendemo kenaikan harga BBM di Istana Bogor dan gedung DPRD Kota Bogor . Lalu lintas di Jl Jenderal Sudirman menuju pintu utama Istana Bogor ditutup sementara selama demo berlangsung siang ini.

“Hari ini rencananya ada (demo mahasiswa). Rencana di dua titik, titik pertama di sekitar Istana Bogor dan titik kedua di DPRD Kota Bogor. Isunya masih sama, soal kenaikan BBM,” kata Kabag Ops Polresta Bogor Kota Kompol Prasetyo, Kamis (15/9/2022).

Prasetyo menjelaskan, titik demo pertama akan digelar mahasiswa akan digelar di dua titik. Titik pertama digelar di samping RS Salak Kota Bogor, Jl Jenderal Sudirman yang berjarak sekitar 500 meter dari pintu utama Istana Bogor.

Sementara titik demo kedua digelar di kantor DPRD Kota Bogor, Jl Pemuda Tanah Sareal Kota Bogor. Untuk jumlah massa yang akan berpartisipasi dalam kegiatan demo diperkirakan mencapai 100 orang.

“Informasi awal disampaikan yang akan menggelar demo hari dari satu elemen, dari PMII, jumlah massa diperkirakan mencapai 100 orang,” tambah Prasetyo.

Polresta Bogor Kota akan menerapkan rekayasa lalulintas di sekitar aksi demo. Jl Jenderal Sudirman menuju Istana Bogor akan ditutup sementara selama demo berlangsung. Pengendara yang ingin melewati akses tersebut akan dialihkan sementara ke jalur lain.

“Iya, ada rekayasa lalin nantinya, tapi situasional ya. Jl (Jenderal) Sudirman ditutup selama demo berlangsung. Sebagian Jl Sudirman. Info awal demo digelar pukul 13.00 Wib,” kata Prasetyo.

Untuk kendaraan dari arah Jl Ahmad Yani tujuan Jl Jalak Harupat atau Kapangan Sempur akan dialihkan melalui Jl Sawo Jajar menjelang RS Salak tembus ke Jl Dewi Sartika di Pasar Anyar. Kendaraan kemudian diarahkan ke Jl Ir. Juanda melewati pintu utama Istana Bogor hingga tembus Jl Jalak Harupat dan Jl Padjajaran.

Sementara kendaraan yang datang dari arah Tugu Kujang dan Jl Ir Juanda tujuan Jl Jenderal Sudirmam dialihkan sementara ke arah Jl Kapten Muslihat Tembus Taman sempur atau Jl Jalak Harupat dan Jl Pajajaran.

Prasetyo mengimbau agar aksi demo tolak BBM naik dilakukan dengan damai dan tidak mengganggu fasilitasi umum.

“Kita imbau agar tidak berlaku anarkis, merusak atau mengganggu masyarakat. Kita juga dari Polresta Bogor Kota menyiagakan personil untuk menjaga keamanan selama berjalannya aksi demo,” kata Prasetyo.