Mahasiswa Bongkar Kawat Berduri Menuju Istana Saat Demo Tolak BBM

Berita257 views

Inionline.id – Aksi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta, Kamis (15/9) memanas. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan kenaikan harga BBM.

Mereka memulai aksi unjuk rasa sejak pukul 13.15 WIB. Mahasiswa memadati satu jalur Jalan Medan Merdeka Barat sehingga lalu lintas dari Patung Kuda menuju Istana ditutup.

Selain berorasi, massa juga meminta agar bertemu dengan Presiden Jokowi untuk menyuarakan tuntutan. Massa kemudian membongkar kawat berduri dan beton separator yang menjadi pembatas.

Pedemo yang berhadapan langsung dengan aparat kepolisian memaksa menerobos hingga terlibat saling dorong dengan polisi. Aksi dorong-dorongan itu memicu bentrok antara mahasiswa dan polisi.

Situasi tak pelak menjadi semakin panas akibat bentrok tersebut. Massa dari mahasiswa juga melempar sejumlah botol air plastik kemasan.

Beberapa massa yang saling dorong di baris depan pun tampak terjatuh. Tak lama kemudian, massa berhasil kembali dikondisikan sehingga situasi kembali kondusif.

Presiden Jokowi hari ini masih melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Jokowi menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM ke masyarakat miskin.