Mahasiswa Bakar Keranda di Patung Kuda, Demo Tolak BBM Naik

Berita157 views

Inionline.id – Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara membakar benda mirip keranda saat demo menolak kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (1/9).

Benda mirip keranda itu memang dibawa sejak mereka menggelar aksi. Keranda itu ditempeli sejumlah poster, di antaranya bergambar Mendag Zulkifli Hasan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Arifin Tasrif hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Saat diadang aparat menggunakan kawat berduri di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Jalan Medan Merdeka Barat, keranda itu diletakkan di depan mobil komando.

Setelahnya, mahasiswa bergantian melakukan orasi. Dalam orasi itu, mereka menolak kenaikan BBM dan menolak pasal-pasal yang dinilai bermasalah dalam RKUHP.

Mahasiswa lalu membakar keranda yang mereka bawa. Keranda diletakkan di atas kawat berduri, sejumlah poster menteri di keranda itu pun turut terbakar.

Hingga berita ini ditulis, mahasiswa masih bergantian melakukan orasi, sementara asap pembakaran keranda itu membumbung.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan rencana kenaikan harga BBM ditunda karena masih proses hitung.

“BBM semuanya masih pada proses dihitung, dikalkulasi dengan hati-hati. Masih dalam proses dihitung dengan penuh kehati-hatian ya,” kata Jokowi di Papua, Kamis (1/9).