Kolaborasi IKA UT Bogor dan Pemkot Lahirkan Giat Diskusi Kebangsaan

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Ketua IKA UT Wilayah Bogor mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada pemerintah Kota Bogor terutama pada Wakil Walikota Bogor, Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor dan juga pada KNPI Kota Bogor yang telah mensuport acara festival mahasiswa UT Bogor.

Peran serta pemerintah daerah dan BUMD sangat penting dalam melakukan kolaborasi kegiatan sebab sejak dini mahasiswa sudah dikenalkan dengan dunia praktis dan diharap turut serta berpartisipasi dalam membantu pemerintah daerah dalam pembangunan daerah.

Dalam diskusi kebangsaan dimana pemateri (1) Asep Wahyuwijaya anggota DPRD Jabar dan (2) Kolonel Dr. Yudho sebagai Dosen UNHAN sekaligus Wakil Ketua IKA UT Pusat menyimpulkan bahwa batas-batas teritorial bangsa sudah dapat dilintasi melalui mekanisme teknologi informasi dan komunikasi, akan berdampak pada masuknya pengaruh budaya luar, maka perlu filter dan penguatan budaya bangsa juga penguatan ideologi bangsa agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar yg negatif berpotensi dapat merusak tata nilai bangsa, maka diperlukan upaya dan kesadaran bersama agar tidak ada lagi narasi2 yg dapat memecah kesatuan berbangsa dan bernegara.

Bagaimana caranya? Setiap mahasiswa harus mampu menjadi intelektual yg mampu menelusuri nasab (sumber) informasi ataupun data, mampu memilah informasi valid atau tidak valid, lalu mampu menggunakan nalar dan akal sehat untuk memfilter informasi yg tidak akurat, agar terhindar dari mengkonsumsi maupun menjadi korban dari berita/informasi hoax yg dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.