Ini Fungsi Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max yang Baru Dirilis

Iptek157 views

Inionline.id – Apple telah meluncurkan seri iPhone 14 terbaru yang terdiri dari iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Dilansir dari Gizmochina, Kamis (8/9/2022), model iPhone 14 Pro paling menonjol di antara empat model tersebut. Sebab kedua handset memiliki guntingan berbentuk pil baru yang menggantikan takik dan dapat menyesuaikan secara dinamis.

Selain itu, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro menyertakan chip A16 Bionic yang lebih cepat serta layar yang selalu aktif. Menurut CEO Apple Tim Cook, iPhone 14 Pro dan Pro Max adalah produk yang paling kreatif.

iphone 14 pro (Apple)
iphone 14 pro (Apple)

Kemudian untuk layar dari iPhone 14 Pro & 14 Pro Max, adalah perubahan desain pertama yang terlihat dengan versi iPhone 14 Pro. Sementara Apple akan menyediakan ukuran layar standar 6,1 dan 6,7 inci. Apple telah memindahkan sensor jarak di belakang layar, dan pemberitahuan akan ditampilkan secara animasi.

Apple menyebutnya mekanisme ini sebagai Dynamic Island. Apple juga sangat menekankan cara menganimasikan dan menggunakan sistem untuk pemberitahuan baru. Apple memamerkan bagaimana Dynamic Island akan bernyawa dan berfungsi dalam praktiknya, menampilkan widget aktivitas langsung yang menjadi hidup serta animasi dan kontrol musik.

iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, keduanya akan memiliki tampilan selalu aktif yang akan beroperasi dengan fitur widget layar kunci baru iOS 16. Hal tersebut akan mengaktifkan informasi seperti pengingat, acara kalender, dan cuaca tanpa mengharuskan iPhone untuk bangun untuk menampilkannya. Ada juga mode tidur untuk wallpaper iOS 16 yang menggelapkannya untuk menghemat masa pakai baterai

Terkait prosesor, chip A16 Bionic Apple memberi daya pada varian iPhone 14 Pro. Dengan CPU barunya, Apple telah memprioritaskan efisiensi baterai, tampilan, dan kamera. CPU enam inti memiliki dua inti berkinerja tinggi yang menggunakan daya 20% lebih sedikit dan empat inti efisiensi yang menggunakan sepertiga daya CPU pesaing.

Chip A16 baru ini mendukung animasi Dinamic Island yang halus dan juga akan memberi daya pada sistem kamera baru Apple.

Berbicara tentang kamera, untuk pertama kalinya iPhone akan menggunakan sensor 48 megapiksel, bukan sensor 12 megapiksel. Kamera utama yang didesain ulang meningkatkan pemotretan cahaya rendah dengan sensor quad-pixel, aperture f/1.78, dan panjang fokus 24mm.

Untuk memaksimalkan pengumpulan cahaya, sensor akan mengambil gambar binned 12 megapiksel untuk sebagian besar bidikan. Ini juga memungkinkan Apple untuk memotong sensor dengan berbagai cara untuk memberikan zoom 2x asli pada panjang fokus 48mm. Sehingga dapat menghasilkan beberapa gambar yang menakjubkan, dan sensor baru bahkan mengoptimalkan detail dalam format ProRAW Apple.

iPhone Pro Max (Apple)
iPhone Pro Max (Apple)

Kamera ultrawide baru juga meningkatkan fotografi makro dan memberikan peningkatan 3x dalam cahaya rendah. Apple juga telah meningkatkan lampu kilat pada sistem kamera iPhone 14, membuatnya dua kali lebih terang dan responsif terhadap panjang fokus foto. Mode sinematik sekarang mendukung resolusi 4K pada 30fps dan resolusi 4K pada 24fps.

Secara keseluruhan, iPhone 14 Pro memberikan jauh lebih banyak daripada pembaruan kecil tahun lalu untuk model iPhone 13 Pro, yang mencakup tampilan kecepatan refresh tinggi ProMotion 120Hz dan tiga kamera baru.

Perihal harga, iPhone 14 Pro dibanderol dengan harga 999 USD atau sekitar Rp 14,9 juta. Sedangkan iPhone 14 Pro Max akan memiliki harga 1.099 USD atau sekitar Rp 16,4 juta. Adapun untuk pemesanan dimulai pada 9 September 2022. Sementara mulai dijual di toko pada 16 September 2022. Keduanya akan tersedia untuk preorder pada 9 September, dengan ketersediaan di toko pada 16 September.