Ini 9 Kesalahan yang Kerap Tak Disadari Dilakukan Setelah Berolahraga

Kesehatan357 views

Inionline.id – Berbagai cara penting kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Salah satunya adalah dengan berolahraga secara tepat.

Berolahraga merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Walau menyehatkan, namun terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan baik sebelum, ketika, atau setelah olahraga agar hal yang kita peroleh dari kegiatan tersebut menjadi sia-sia.

Selepas melakukan olahraga, terdapat sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan karena justru kontraproduktif dari hasil yang kita dapat sebelumnya. berikut sejumlah hal yang tak boleh dilakukan setelah berolahraga.

1. Konsumsi Makanan Berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak usai olahraga bisa membuat hasil yang kamu dapat tadi menjadi sia-sia. Makanan tinggi lemak cenderung memperlambat sistem pencernaan. Usai olahraga, disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat berkualitas baik sebab makanan ini bisa dicerna dengan mudah dan memasuki aliran darah dengan cepat.

Kurang Ngemil dan Minum

2. Tidak Ngemil Setelah Olahraga

Makanan akan memberikan asupan energi sebelum berolahraga, namun makanan juga tidak boleh diremehkan manfaatnya setelah olahraga. Kebanyakan orang malas makan atau ngemil setelah berolahraga, karena mereka takut berat badan bertambah dan efek olahraga menjadi tidak maksimal.

Padahal makan setelah berolahraga baik untuk membantu perbaikan otot. Makanan ideal setelah olahraga adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein seperti yogurt, blueberry, atau kacang tanah.

3. Tidak Minum

Kurang mengonsumsi atau bahkan tidak mengonsumsi sama sekali air putih usai berolahraga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Pasalnya cairan tubuh yang hilang usai berolahraga perlu untuk diganti serta tubuh juga perlu untuk dilembapkan.

Tidak Ganti Baju dan Mandi

4. Tak Ganti Baju

Menggunakan baju yang sama usai berolahraga dalam jangka waktu lama bisa membawa kuman yang berbahaya jika menempel di kulit. Hal ini bisa menyebabkan masalah kulit atau menimbulkan bau badan yang tak sedap.

5. Tidak Mandi

Meski banyak orang yang risih ketika tak mandi setelah berolahraga, namun tak sedikit juga yang merasa baik-baik saja, bahkan malas untuk mandi setelah berolahraga. Tidak mandi setelah olahraga tak hanya membuat tubuh Anda berbau dan mengganggu orang sekitar, namun juga bisa berimbas buruk untuk kesehatan.

Jika Anda tak mandi setelah berolahraga, kulit akan semakin sulit bernapas dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang memicu gatal-gatal pada tubuh. Karena itu, mandi setelah berolahraga sangat penting untuk mencegah gatal-gatal dan munculnya bakteri pada tubuh.

Melewatkan Pendinginan dan Peregangan

6. Melewatkan Masa Pendinginan

Sama seperti pemanasan yang perlu dilakukan sebelum olahraga, pendinginan juga sebuah hal yang wajib dilakukan setelah olahraga. Pendinginan ini berfungsi untuk menormalkan kembali detak jantung serta menurunkan suhu tubuh.

7. Lupa Melakukan Peregangan

Melakukan peregangan juga sama pentingnya dengan melakukan pendinginan. Peregangan tak hanya perlu dilakukan sebelum olahraga sebagai bentuk pemanasan, melainkan juga setelah olahraga. Seringkali orang melewatkan bagian peregangan setelah olahraga dan langsung istirahat, tanpa melakukan pendinginan.

Menurut peneliti Jordan Metzl M.D, melakukan peregangan setelah berolahraga bisa mengurangi rasa pegal-pegal dan otot kaku besok harinya setelah olahraga. Mengurangi rasa pegal tak hanya membuat Anda lebih nyaman, tetapi juga membuat Anda tak kapok untuk berolahraga lebih sering.

Menyentuh Wajah dan Tidur

8. Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dengan tangan yang berkeringat dan kotor setelah olahraga bisa menyebabkan transfer kuman ke wajah. Kuman ini bisa datang dari alat olahraga yang kamu sentuh. Oleh karena itu, selalu cuci tangan setelah berolahraga.

9. Tidak Tidur

Tidur juga penting bagi tubuh setelah berolahraga. Banyak orang yang langsung beraktivitas dan tidak membiarkan tubuh mereka beristirahat setelah berolahraga. Padahal tubuh perlu beristirahat dan tidur setelah berolahraga. Tubuh perlu menyembuhkan diri dan membangun otot yang lebih kuat setelah berolahraga.

Sejumlah kesalahan tersebut rentan kamu lakukan setelah berolahraga. Walau tampak sebagai hal biasa, sejumlah hal tersebut bisa membuat hasil yang kamu harapkan dari olahraga yang tengah dilakukan jadi tak maksimal.