Ini 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi

Inionline.id – Sukabumi dapat menjadi tempat alternatif untuk berlibur, selain berada tidak jauh antara kota Jakarta dan Kota Bandung. Sukabumi juga memiliki keindahan alam yang tidak dapat diragukan lagi. Berbagai macam tempat wisata alam cocok dijadikan destinasi akhir pekan.

Berada di antara dua gunung yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Sukabumi juga memiliki wisata alam berupa laut.

Berikut tempat wisata yang cocok dikunjungi:

Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung/Instgram.com/situgunungsuspensionbridge [Instgram.com/situgunungsuspensionbridge]
Jembatan Situ Gunung/Instgram.com/situgunungsuspensionbridge (sumber: Instgram.com/situgunungsuspensionbridge)

Jembatan yang dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Memiliki panjang kurang lebih 250 meter dan berada pada ketinggian 150 meter dari permukaan menjadikannya sebagai jembatan terpanjang yang ada di Indonesia.

Memiliki pemandangan pohon yang rindang dan bukit yang hijau dapat memanjakan matamu, selain itu suasana yang tenang dan sunyi dapat membuatmu rileks.

Kamu hanya perlu membayar Rp 50.000 untuk satu orang dewasa dan Rp 25.000 untuk satu orang anak pada hari libur.

Curung Cigangsa

Curug Cigangsa [Instagram.com/Abee_aries]
Curug Cigangsa (sumber: Instagram.com/Abee_aries)

Berada di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki pemandangan yang sangat indah. Air terjun yang berundak sebanyak 3 tingkatan, terbentuk akibat gempa yang kuat sehingga terjadi longsoran dengan volume air tanah yang banyak.

Curug Cigangsa atau dapat disebut juga dengan Curug Luhur sendiri dapat dinikmati secara dua arah yaitu dari atas dan bawah, namun untuk mengunjungi curug ini diharap berhati-hati karena batunya yang licin dan volume air yang deras dapat membuat mu jatuh.

Curug Cikaso

Curug Cikaso [Instagram.com/smooth.dream]
Curug Cikaso (sumber: Instagram.com/smooth.dream)

Curug Cikaso berlokasi di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Dengan warna air yang berwarna hijau kebiruan dan air yang begitu segar dapat kamu nikmati. Di Curug ini juga kamu boleh berenang di tepi, tetapi harus berhati-hati karena debit air yang tinggi dan bebatuan yang licin. Curug Cikaso memiliki 3 air terjun yang bersisian yaitu Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Gua Buniayu

Gua Buniayu [Instagram.com/asepcage]
Gua Buniayu (sumber: Instagram.com/asepcage)

Gua Buniayu berada di Kecamatan Nyalindung, kabupaten Sukabumi ini memiliki pemandangan yang dapat membuatmu takjub dengan ciptaan-Nya. Memiliki 2 Gua yang dapat dikunjungi ini berjarak sekitar 30 km dari kota sukabumi.

Memiliki pemandangan stalagmit dan stalaktit sejauh mata memandang, bagi yang takut akan gelap tidak dianjurkan untuk mengunjungi wisata Gua Buniayu ini, karena di dalam Gua yang diterangi oleh senter senter yang kita bawa. Sedangkan untuk sinar matahari tidak dapat menembus gua ini.

Gua Buniayu sangat cocok dikunjungi untuk kamu yang menyukai rintangan.

Ujung Genteng

Ujung Genteng [Instagram.com/visitujunggenteng]
Ujung Genteng (sumber: Instagram.com/visitujunggenteng)

Ujung Genteng memiliki garis pantai yang sama dengan Pelabuhan Ratu dan pantai yang berada di Geopark Ciletuh.

Memiliki pasir putih dan laut yang biru dapat memanjakan mata mu. Di Ujung Genteng pun kamu dapat menikmati pemandangan Curug yang ada disekitar dan juga pantai.

Di Ujung Genteng ini juga kamu dapat merasakan pengalaman melepaskan penyu-penyu ke lautan, jika bertepatan dengan waktu menetasnya telur.

Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh [Instagram.com/exploreciletuh]
Geopark Ciletuh (sumber: Instagram.com/exploreciletuh)

Geopark Ciletuh akan menjadi destinasi dengan banyak tempat dituju. DItetapkan oleh UNESCO sebagai Global Geopark yang berlokasi di Indonesia ini menyajikan berbagai pemandangan.

Di geopark Ciletuh kamu dapat mengunjungi Pantai Palangpang yang bagus dijadikan sebagai tempat untuk melihat matahari terbit. Kemudian kamu dapat mengunjungi Curug Puncak Manik yang merupakan air terjun tertinggi yang ada di Geopark Ciletuh. Kamu juga dapat menikmati indahnya Curug Sodong, dan masih banyak tempat yang dapat kamu kunjungi di Geopark Ciletuh ini.