Harga Sembako Naik Imbas BBM Bersubsidi Naik Harga, Dewan Erni Sugiyanti Dorong Pemerintah Lakukan Operasi Pasar

Antar Daerah257 views

Bandung, Inionline.id – Pasca naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) Sabtu (3/9/2022), menimbulkan dampak harga-harga kebutuhan pokok di Jawa Barat melambung. Tercatat pada Senin (5/9/2022), kenaikan harga kebutuhan pokok terjadi di Kota Bandung, Kabupaten Indramayu, Majalengka, dan Subang. Di Pasar Kosambi, Jalan A Yani, Kota Bandung, harga cabai merah keriting mencapai Rp70.000 per kilogram (kg) atau naik Rp10.000 dari sebelumnya Rp60.000.

Sedangkan harga cabai rawit merah naik dari Rp70.000 menjadi Rp95.000 per kg. Sementara, harga bawang merah semula Rp40.000 menjadi Rp50.000 per kg.

Kemudian pada Selasa (06/09/2022) komoditas beras di Pasar Griya Bukit Jaya, Kabupaten Bogor, ikut merangkak naik yang awalnya dibanderol sekitar Rp 480 ribu per karung, mulai merangkak naik menjadi Rp 510 ribu per karung.

Merespon kondisi ini anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Erni Sugiyanti mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor harus melakukan operasi pasar guna menstabilkan harga-harga komoditi yang naik.

“Saya rasa perlu operasi pasar, kita juga harus tahu betul stok hari ini seperti apa kondisinya jangan sampai pada satu waktu kemudian misalnya pembelian secara besar-besaran karena misalnya akan ada besok misalnya entah minggu depan misalnya ada kenaikan harga ditelur, tepung dan komoditi lainnya, mengantisipasi itu memang harusnya kita sudah punya data hari ini agar tidak terjadi penimbunan lagi,” ujarnya, Rabu (07/09/2022).

Erni juga mengingatkan agar tidak ada pihak-pihak yang membeli suatu komiditi secara besar-besaran.

“Yang penting barang itu stoknya ada, seandainya harga naikpun masyarakat ditenangkan bahwa barang itu ada, minimal itu yang bisa dilakukan dan mudah untuk dibeli jangan sampai seperti kasus minyak goreng tempo hari, karena itu menjadi situasi stabilitas keamanan sangat terganggu,” tandasnya.