Di 2030 Anies Baswedan Targetkan 4 Juta Warga DKI Pakai Transportasi Umum

Antar Daerah1357 views

Inionline.id – Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta menargetkan jumlah pengguna transportasi umum mencapai 4 juta per hari pada 2030. Saat ini jumlah pengguna transportasi umum di Jakarta baru mencapai 1 juta per hari.

Menurut Anies dengan peningkatan tren pengguna transportasi umum dan penambahan armada transportasi umum ia meyakini jumlah pengguna bisa mencapai 4 juta per hari.

“Saya yakin jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta, akan makin bisa meningkat dan sesuai target di tahun 2030 bisa mencapai 4 juta penumpang per hari,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (27/9).

Anies optimistis target itu dapat tercapai. Pasalnya, data menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun jumlah pengguna transportasi umum kerap meningkat.

Misalnya, dari tahun 2016 jumlah pengguna transportasi umum hanya 350.000 per hari, namun melesat ke angka 1.006.579 per hari pada 2020.

“Sekarang Alhamdulillah, dari kemarin 350 ribuan, sudah menjadi 1 juta, tinggal kita teruskan tren,” paparnya.

Menurut Anies angka 1 juta per hari itu menunjukkan bahwa banyak orang saat ini sudah mulai merasa lebih nyaman menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi.

Di sisi lain, Anies mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi umum dan memberikan insentif agar masyarakat banyak mau beralih dari kendaraan pribadi ke transprotasi umum.

“Karena itu kan ada insentif itu, dalam bentuk subsidi, lalu jangkauan kendaraan umum diperluas, lalu armadanya ditambah, saya yakin jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta, akan makin bisa meningkat dan sesuai target,” pungkasnya.