Catatan Dewan Jabar H. Cecep Gogom Atas Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Sektor Pariwisata

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor H. Cecep Gogom (HCG) yang terlibat langsung dalam penyusunan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) penyelenggaraan kepariwisataan Jawa Barat, memiliki catatan tersendiri terkait kondisi pariwisata Jawa Barat di masa pandemi Covid-19.

“Setelah melihat secara umum melalui berbagai kunjungan, baik yang diselenggarakan oleh kedinasan, maupun secara pribadi, bahwa betapa pandemi yang beberapa tahun ini melanda sebagian besar wilayah dunia, termasuk hampir di seluruh bagian wilayah negara kita tercinta ini, sangat berdampak dalam seluruh elemen dan sektor kehidupan kita,” ujarnya.

Semua sektor seperti terpuruk pada sebuah titik yang paling dalam, semua sektor menjadi lemah, tidak berdaya dan berimbas pada semakin turunnya produktifitas masyarakat selaku bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan.

“Sektor pariwisata sebagai salah satu bagian terpenting dalam peningkatan kesejahteraan dan pembangunan pun mengalami hal yang sama, kelesuan dalam pengembangan serta produktifitasnya yang sangat signifikan pada saat pandemi ini,” imbuhnya.

HCG melanjutkan, “Geliat pariwisata seolah terbelenggu sehingga mengakibatkan daya jual yang turut melemah, kevakuman seolah menjadi pemandangan biasa, penghasilan dan pendapatan menjadi sangat drastis sehingga keberadaannya seolah seperti diam dan mati,” tukasnya.

Selain itu dirinya mencatat bahwa kelesuan dunia pariwisata selama wabah pandemi ini tentunya menjadi ujian bagi semua pihak terutama bagi para pelaku sektor pariwisata untuk terus berupaya dan tetap konsisten dalam menanganinya sehingga dunia wisata Indonesia tetap eksis terutama untuk kelangsungannya pasca pandemi ini.

“Semoga wabah ini segera berakhir dan kita bersama sama untuk menta kembali keberadaan dunia pariwisata kita untuk berkembang lebih baik lagi serta bangkit dari segala keterpurukan selama pandemi ini,” tuturnya, Minggu (11/09/2022).

HCG pun mengajak masyarakat optimis menatap masa depan yang lebih baik serta berusaha untuk lebih keras membangun dunia pariwisata Indonesia menjadi lebih sentris.