Besok Jokowi dan Prabowo Upacara Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Berita157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

Upacara akan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Sejumlah pejabat negara akan hadir dalam acara tersebut.

“Besok upacara di Lubang Buaya, Bapak Presiden hadir sebagai inspektur upacara. Pak Menhan juga pasti dan beberapa menteri lainnya,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/9).

Menteri Sosial Tri Rismaharini serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim juga bakal hadir. Begitu pula dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Hari tersebut ditetapkan melalui SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto.

Hari tersebut diperingati untuk mengenang terbunuhnya tujuh perwira TNI Angkatan Darat pada 30 September 1965.

Pada era Orde Baru, bendera Merah Putih setengah tiang dikibarkan pada setiap tanggal 30 September sebagai bentuk duka. Pada tanggal 1 Oktober, bendera Merah Putih dikibarkan penuh sebagai simbol kesaktian Pancasila menangkal komunisme.