Anies Meresmikan 1.348 Unit Hunian DP 0 Rupiah di Jakarta Timur

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan hunian rumah DP 0 rupiah di Menara Kanaya, Nuansa Cilangkap, dan Menara Swasana, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (8/9).

Totalnya ada 1.348 unit rumah susun di Menara Kanaya dan Menara Swasana yang diresmikan Anies.

“Pada hari ini Kamis, 8 September 2022, 1.348 unit Jakhabitat hunian DP 0 Rupiah secara resmi dinyatakan digunakan,” kata Anies di kawasan Menara Kanaya, Nuansa Cilangkap, Jakarta Timur.

Anies bersyukur hari ini dapat meresmikan 1.348 unit rusun. Menurut dia dari 1.348 unit tersebut, 95 persen sudah terisi.

Ia mengklaim keterisian program DP 0 Rupiah itu lebih tinggi daripada apartemen yang tingkat keterisiannya baru sekitar 70 persen.

Tidak hanya itu, menurut Anies program DP 0 Rupiah juga sudah mulai diminati berbagai pihak, dari pencari rumah hingga swasta yang ingin terlibat dalam program tersebut.

“Dan kalau lihat data lebih dari 55 ribu yang mendaftar untuk ikut program DP 0. Jadi DP 0 ini sebuah skema yang menarik bagi swasta, workable,” tutur Anies.

“Sekarang ada 700 sedang antre, pembangunan 700 unit dan Insya Allah tuntas 2024. Jadi nantinya minimal kita punya lebih dari 3000 unit DP 0 Rupiah,” tambahnya.

Anies melanjutkan hunian DP 0 rupiah merupakan program unik. Sebab, program ini menggunakan mekanisme pasar, tapi juga ada peran pemerintah di situ, berupa intervensi memberikan dukungan berupa down payment atau DP.

“Pemerintah intervensi untuk berikan dukungan berupa down payment. ini sebuah keunikan,” kata dia.

Diketahui, program DP 0 rupiah merupakan salah satu janji kampanye Anies bersama Sandiaga Uno pada Pilkada 2017.