by

Agar Kompor Listrik Bisa Dipakai PLN Akan Naikkan Daya Listrik Rakyat

-Berita-4457 views

Inionline.id – PT PLN (Persero) bakal menaikkan daya listrik masyarakat agar dapat menggunakan kompor listrik saat konversi LPG 3 kg.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana. Namun, ia tidak menjelaskan rincian besaran daya listrik yang akan dinaikkan.

“Iya (daya listrik dinaikkan) ini sekaligus supaya kompornya bisa dioperasikan. Tambahan daya dilakukan oleh PLN,” ujar Dadan, Kamis (22/9).

Pemerintah akan melakukan konversi LPG 3 kg ke kompor listrik. Sebelumnya, Dadan mengatakan pemerintah akan mengganti Miniature Circuit Breaker (MCB) meteran listrik pelanggan dengan daya 450 VA agar bisa menggunakan kompor listrik 1.000 watt saat konversi LPG 3 kg. MCB konsumen daya listrik 450 VA nantinya akan diganti menjadi 3.500 watt.

“Nanti diganti MCB-nya menjadi 3.500 watt untuk yang 450 (VA),” ujar Dadan.

MCB akan masuk dalam paket kompor listrik yang akan diberikan secara gratis kepada 300 ribu rumah tangga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan isi paket tersebut juga terdiri dari satu kompor listrik dan satu alat masak.

“Rencananya tahun ini 300 ribu (penerima). Jadi satu rumah itu dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikkan,” ujarnya saat ditemui usai rapat dengan Banggar DPR, Selasa (20/9).

Rida menjelaskan harga paket kompor listrik ini sekitar Rp1,8 juta. Dengan kata lain, jika sasarannya 300 ribu rumah tangga, maka anggaran yang dibutuhkan tahun ini sekitar Rp540 miliar.

Namun, ia juga menyebut besaran ini masih bisa berubah. Pasalnya, ada masukan agar daya kompor listrik yang dibagikan dinaikkan.

Rida menuturkan saat ini daya yang bakal dibagikan sebesar 800 watt untuk dua tungku. Namun, ada masukan dari DPR agar dayanya dinaikkan menjadi 1.000 watt.