5 Wisata Air di Klaten yang Jernih dan Menyegarkan

Inionline.id – Menutup akhir pekan dengan bermain di air yang masih bening dan lingkungan sekitar yang masih dipenuhi pohon rindang merupakan ide yang sempurna. Beruntungnya ini bisa dengan mudah kamu temukan di Klaten.

Jika selama ini yang dikenal adalah Umbul Ponggok, Klaten sebenarnya masih menyimpan deretan rekomendasi wisata air yang tidak kalah menyegarkan.

5 rekomendasi wisata air di Klaten

1. Umbul Mante

Salah satu hal menarik ketika kamu sampai di Umbul Manten adalah pohon besar yang berada di tengah kolam. Airnya yang sangat jernih tidak akan membuatmu kesulitan melihat dasar kolam sedalam 1,5 meter ini.

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk ke Umbul Manten karena udara di sekitar yang terasa lebih sejuk. Wisata air satu ini dibuka dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB

Dengan keindahan dan pastinya kesegaran yang ditawarkan, kamu cukup membayar Rp6.000 saja untuk tiket masuk.

2. Umbul Palam

Berlokasi di Jalan Tegalgondo – Janti, Dukuh, Wunut, kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Umbul Palam juga menjadi salah satu wisata air yang tidak pernah sepi pengunjung.

Udara di sekitar sumber mata air yang masih sejuk serta pepohonan rindang membuat suasana makin syahdu.

Tidak perlu khawatir saat mengajak si kecil kemari, pasalnya di Umbul Palam ada satu kolam yang hanya memiliki kedalaman 50 cm.

Tiket masuk Umbul Palam juga masih sangat murah yaitu Rp8.000 untuk weekdays dan Rp10.000 untuk weekend serta hari libur nasional.

3. Umbul Cokro Tulung

Tidak hanya bisa menikmati wisata air, di sini kamu juga bisa mencoba fasilitas lainnya seperti Rafting, Snorkeling, RIver Tubing, hingga ATV. Umbul Cokro Tulung memang dikenal sebagai salah satu wisata air di Klaten dengan fasilitas terbaik dan terlengkap.

Tempat wisata air yang juga dikenal dengan nama Umbul Ingas berkat pohon Ingas besar di lokasi ini buka dari jam 08.00 sampai 18.00 dengan tiket masuk Rp10.000 saja per orang.

4. Umbul Kapilaler

Wisata air di Klaten satu ini memiliki air yang mengandung mineral. Sebelum dijadikan lokasi wisata, Umbul Kapilaler digunakan untuk mencukupi kebutuhan warga sekitar akan air bersih.

Dengan kedalaman 1,7 – 1,8 meter dan air yang pastinya sangat jernih, pengunjung dapat berenang aman di sini. Kamu hanya perlu membayar Rp10.000 di akhir pekan dan Rp8.000 di hari kerja, serta mematikan untuk tidak datang lebih dari jam 5 sore.

5. Umbul Nilo

Jika Anda mencari ketenangan dan kesejukan sekaligus, Umbul Nilo di Desa Daleman, Tulung, Klaten bisa menjadi solusinya. Meski tempat satu ini sudah banyak direnovasi, kesejukan saat Anda bermain di air tidak akan berkurang, ditambah lagi masih banyak pepohonan di sekitar.

Umbul Nilo buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB dengan tiket masuk Rp6.000 sampai Rp10.000 setiap orang.