TNI AL Mengevakuasi Paus Terdampar ke Dermaga di Banyuwangi

Antar Daerah057 views

Inionline.id – seekor paus terdampar di Dermaga Hotel Ketapang Indah, Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi dievakuasi TNI Angkatan Laut (AL). Evakuasi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian hewan dan biota laut langka.

Berdasarkan keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Selasa (2/8/2022), informasi adanya paus terdampar itu didapat dari warga sekitar pada Senin (1/8), pukul 12.00 WIB. Warga melaporkan adanya paus itu ke Komandan Unit Intel selaku Dan Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) TNI AL Lanal Banyuwangi.

Warga mengatakan di sekitar lampu suar depan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) telah mengapung seekor paus dari jenis yang belum diketahui. Setelah itu, Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut P Ansori langsung bergerak berupaya menyelamatkan paus yang terdampar tersebut.

Tim SFQR dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi dan Patkamla segera menuju lokasi terdamparnya paus. Kemudian, pukul 12.55 WIB, Tim SFQR tiba di lokasi.

Namun, paus itu ternyata telah terbawa arus ombak bergerak menuju Dermaga Hotel Ketapang Indah. Akhirnya, Tim SFQR bersama dengan personel Polisi Perairan (Polair) Polresta Banyuwangi dan nelayan setempat mengevakuasi paus tersebut kembali ke tengah laut.

Upaya evakuasi paus itu memakan waktu lama. Hingga sore hari, Tim SFQR Lanal Banyuwangi yang dipimpin Dan Unit Intel dibantu personel Polair Polresta Banyuwangi dan nelayan masih terus berupaya mengevakuasi paus yang masih terdampar di Dermaga Hotel Ketapang Indah.

Untuk diketahui, upaya evakuasi paus ini dilakukan oleh prajurit Lanal Banyuwangi tersebut sebagai implementasi perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh prajurit TNI AL. Perintah Laksamana Yudo agar para anggota turut serta menjaga kelestarian alam sehingga terjaga keseimbangan dari ekosistem dan berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan atau membantu saat ada kejadian, sehingga keberadaan prajurit TNI AL akan bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.