Tahun Ini Presiden Jokowi Menargetkan Sebanyak 38 Bendungan Selesai

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Pada tahun 2022 ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 38 bendungan rampung dibangun di Indonesia. Sementara pada 2024 mendatang, pihaknya menargetkan 61 bendungan.

Hal itu ia ungkapkan saat memberikan pidato dalam acara penyerahan penghargaan ketahanan pangan beras dari International Rice Research Institute (IRRI) hari ini, Minggu (14/8).

“Seingat saya sampai saat ini telah diresmikan 29 bendungan besar dan tahun ini akan selesai lagi totalnya 38 bendungan. Dan sampai 2024 akan kita selesaikan kurang lebih 61 bendungan,” kata Jokowi.

Selain bendungan, Jokowi juga menargetkan pembangunan 4.500 embung. Dia mengklaim sejak 2015, pihaknya sudah fokus untuk membangun infrastruktur pertanian.

“Kita sudah membangun banyak bendungan, embung, jaringan irigasi. 1,1 juta jaringan irigasi yang telah kita bangun selama 7 tahun ini,” ucapnya.

Dengan begitu, Jokowi berharap produksi beras di Indonesia konsisten meningkat. Dari 2019 sampai 2021, produksi beras mencapai 31,3 juta ton.

Oleh sebab itu, menurutnya Indonesia layak dianugerahi oenghargaan ketahanan pangan beras oleh IRRI.

“Peningkatan dan konsistensi inilah yang saya lihat dilihat oleh FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia PBB) dilihat oleh IRRI, karena memang jumlah itu adalah jumlah yang real” ucapnya.