Lewandowski Menjadi Senjata Baru Barcelona Hadapi Bayern Munich

Inionline.id – Drawing Liga Champions untuk fase grup memunculkan situasi menarik. Robert Lewandowski langsung bersua dengan mantan klubnya, Bayern Munich.

Drawing fase grup Liga Champions dilakukan di Istanbul, Turki, Kamis (25/8/2022) malam WIB. Undian dimulai dengan membagi tim-tim pot 1 atau pot unggulan ke delapan grup.

Berturut-turut kemudian pot 2, 3, dan 4 dibagi ke sejumlah grup, dengan mempertimbangkan kondisi-kondisi seperti klub dari negara yang sama tak bisa bertemu. Nah, dari undian pot kedua ini muncul hasil bahwa Barcelona bergabung dengan Bayern Munich di Grup C.

Ini menjadi sebuah kebetulan yang menarik buat Lewandowski dan Bayern Munich, mengingat mereka langsung bertemu setelah baru berpisah musim panas tahun ini. Bayern seperti diketahui menjual Lewandowski ke Barcelona senilai 50 juta Euro.

Ini akan jadi pertemuan pertama Lewandowski dengan Bayern sebagai lawan, setelah terakhir kali pada November 2013 silam. Kala itu pemain asal Polandia tersebut masih berseragam Borussia Dortmund.

Lewandowski total sudah 14 kali menghadapi Bayern sebagai lawan, seluruhnya bersama Dortmund. Ia mencatatkan lima gol, dengan meraih tujuh kemenangan, dua kali imbang, dan lima kekalahan.

Sebagai catatan, Lewandowski belum pernah menjebol gawang Bayern Munich di Liga Champions. Ia baru sekali berhadapan dengan Die Roten di kompetisi tersebut pada final 2012/2013, ketika Dortmund kalah 1-2.

Barcelona boleh jadi berharap Lewandowski bisa mengakhiri tren buruk saat menghadapi Bayern. Mereka selalu kalah dalam empat pertemuan terakhir sejak Mei 2015 silam, termasuk kalah 2-8 di perempatfinal 2019/2020 lalu masing-masing 0-3 di kandang-tandang pada fase grup 2021/2022.

Pengetahuan Lewandowski tentang Bayern Munich, dengan pengalaman delapan musim di klub Bundesliga itu, akan jadi modal berharga. Barca sendiri punya head to head yang buruk di Liga Champions kontra Bayern: dua kali menang, sekali imbang, dan delapan kali kalah.