by

Ini 5 Kebiasaan Makan yang Ternyata Bisa Memunculkan Terjadinya Konstipasi

Inionline.id – Konstipasi atau sembelit merupakan masalah pencernaan yang bisa sangat rentan kita alami. Kondisi ini bisa kamu alami akibat sejumlah hal.

Hal yang paling mempengaruhi terjadinya konstipasi ini adalah kebiasaan dan pola makan seseorang. Makanan atau minuman yang kita konsumsi ini bisa sangat mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan konstipasi.

Terjadinya konstipasi pada diri kita ini bukan hal yang bisa dianggap remeh. Kondisi ini bisa berujung terjadinya kembung, kram, serta sakit perut.

Konstipasi ini terjadi ketika tinja bekerja terlalu lambat di saluran pencernaan. Sejumlah kebiasaan makan atau minum ini bisa menyebabkan terjadinya permasalahan ini. Dilansir dari Eat This, berikut sejumlah kebiasaan makan dan minum yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi.

1. Kurang Mengonsumsi Serat

Ketika kamu mengalami konstipasi, hal pertama yang perlu kamu ingat adalah apakah konsumsi seratmu pada hari itu sudah cukup.

“Serat bisa kita dapat dari buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, serta polong-polongan,” terang Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, pakar nutrisi.

Lebih lanjut, Goodson menjelaskan bahwa serat bisa membantu memperlancar pencernaan yang kita miliki. Oleh karena itu, kurang mengonsumsi serat bisa berujung terjadinya konstipasi.

Kurang Minum Air dan Kebiasaan Mengupas Buah

2. Kurang Minum Air

Selain serat, hal yang penting untuk banyak dikonsumsi demi mencegah konstipasi adalah kurang mengonsumsi air. Keberadaan air ini sangat penting untuk memperlancar pencernaan yang dimiliki seseorang.

“Konsumsi cukup air itu penting untuk melunakkan tinja. Pada saat kamu dehidrasi, hal ini bisa memperlancar konstipasi,” terang Goodson.

Cukup minum air bisa sangat membantu dalam memperlancar pencernaan. Selain itu, konsumsi cukup air bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan.

3. Mengupas Buah

Tanpa kita sadari, kulit buah ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar bagi pencernaan.

“Buah merupakan tambahan positif pada pola makan yang kita miliki,” terang Lauren Manaker, MS, RDN.

“Bagi sejumlah buah, serat ini bisa kita peroleh dari kulit buah. Seperti diketahui, serat bisa membantu mencegah konstipasi, oleh karena itu mengonsumsi apel, pir, atau persik bisa membuat pencernaan tetap lancar,” sambungnya.

Konsumsi Keju, Alkohol, dan Kafein

4. Konsumsi Terlalu Banyak Keju

Konsumsi terlalu banyak keju merupakan salah satu penyebab terjadinya konstipasi. Hal ini bisa terjadi terutama karena kandungan produk olahan susu dari keju.

“Keju memang merupakan salah satu makanan yang paling sedap. Namun hal ini bisa menimbulkan dampak dan berujung terjadinya konstipasi,” terang Manaker.

Demi menghindari dampak ini, kamu bisa menyertainya dengan memperbanyak konsumsi serat. Selain itu pastikan juga untuk cukup mengonsumsi air.

5. Minum Terlalu Banyak Alkohol atau Kafein

Walau alkohol dan kafein tak bisa secara langsung menyebabkan konstipasi, namun efek sampingnya bisa mendorong terjadinya hal ini.

“Minuman beralkohol dan berkafein seperti kopi, teh, dan kola memiliki efek yang menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Kondisi ini menyebabkan terjadinya konstipasi sehingga tubuh kesulitan melewatkan sisa makanan ke saluran pencernaan,” terang Janet Coleman, RD.

Sejumlah kebiasaan makan dan minum ini bisa menyebabkan terjadinya konstipasi. Pastikan untuk menyadari sepenuhnya pola makan yang kamu miliki demi terhindar dari permasalahan ini.