Ini 5 Cara Memasak Telur Agar Lebih Sehat Dikonsumsi

Inionline.id – Telur adalah sumber protein yang relatif murah dan mudah didapat. Makanan ini serbaguna dan seseorang dapat memilikinya dalam bentuk apa pun.

Sarat dengan lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral, telur dianggap bergizi. Berkat profil nutrisinya, para ahli kesehatan dan ahli gizi dari seluruh dunia telah menyarankan orang untuk memasukkan telur ke dalam makanan sehari-hari mereka.

Telur cukup serbaguna sehingga kita bisa memasaknya dengan cara apa pun yang kita suka. Tetapi untuk memanfaatkan kebaikan telur secara maksimal, seseorang harus mengonsumsinya dengan cara yang sehat.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah beberapa cara paling sehat untuk makan telur

Direbus

Ilustrasi mengupas telur rebus. (Shutterstock)
Ilustrasi mengupas telur rebus.

Tanpa minyak dan penggorengan, telur rebus itu sederhana, namun ternyata sehat dan enak juga. Telur rebus mengandung semua nutrisi penting, protein, dan lemak sehat. Mengkonsumsi telur rebus secara teratur dapat membantu memperkuat otak. Selain itu, dengan hanya 77 kalori dan 5 gram lemak, telur rebus dapat dimasukkan dalam diet penurunan berat badan apa pun.

Water Poach

Telur rebus adalah cara yang bagus untuk memulai hari. Tetapi alih-alih menggunakan minyak, seseorang dapat memiliki telur Water Poach. Pecahkan telur ke dalam air mendidih panas, biarkan masak selama 3 menit dan Anda akan mendapatkan rebusan yang sempurna dalam waktu singkat! Tambahkan garam dan lada hitam sesuai selera Anda. Pasangkan dengan roti panggang multigrain dan sayuran tumis untuk membuat makanan yang sehat dan seimbang. Dengan 10 gram lemak dan 72 kalori, makan telur rebus untuk sarapan tentunya merupakan pilihan yang sehat.

Telur orak-arik

Tidak perlu banyak memasak. Dalam mangkuk, kocok beberapa telur dan tuangkan ke dalam panci. Aduk selama beberapa menit dan hanya itu! Keluarkan orak-arik telur dari wajan dan bumbui dengan garam dan merica sesuai selera Anda. Hidangan telur orak-arik dua telur akan mengandung sekitar 148 kalori dan 10 gram lemak yang dianggap sehat.

Menggoreng telur hanya di satu sisi membuatnya lebih baik karena membutuhkan sedikit minyak untuk dimasak. Menggoreng telur dengan cara deep frying merusak nilai gizinya dan menambah lemak, jadi Sunny Side Up atau telur ceplok adalah pilihan telur yang enak namun sehat. Dengan sekitar 90 kalori dan 6,8 gram lemak, sisi cerah hanya menyumbang 5 persen dari asupan kalori harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. (Gambar: istock)

Telur dadar

Ya, telur dadar bisa sehat jika disiapkan dengan benar! Tambahkan banyak sayuran dan bahkan ayam saat telur dikocok dalam mangkuk untuk membuat makanan bergizi dari telur dadar. Alih-alih membuat telur dadar biasa, menambahkan bahan-bahan ini akan membuatnya lebih sehat dan tentu saja, lebih enak juga. Ingatlah untuk tidak memasak telur dadar terlalu lama, karena akan kehilangan semua nutrisinya. Telur dadar yang terbuat dari satu telur akan memiliki 94 kalori dan 15 gram lemak tetapi itu tergantung pada bahan tambahannya.