by

Hari Pertama Pendaftaran Pemilu 2024, Tiga Parpol Belum Memenuhi Syarat

Inionline.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, enam dari sembilan partai politik yang mendaftar jadi peserta Pemilu 2024 telah dinyatakan dokumen lengkap. Partai yang sudah dinyatakan lengkap adalah, PDIP, PKP, PKS, Perindo, NasDem, dan PBB.

“PDIP dokumen lengkap, PKP dokumen lengkap, PKS dokumen lengkap, Perindo dokumen lengkap, NasDem dokumen lengkap, PBB dokumen lengkap,” ujar anggota KPU RI Idham Holik saat konferensi pers di kantor KPU, Jakarta, Senin (1/8).

Sementara masih ada tiga partai politik yang belum dinyatakan lengkap. Tiga partai itu adalah Partai Reformasi, PRIMA, dan Pandai. KPU masih memproses dokumen pendaftaran.

Namun, Idham mengatakan, partai ini belum dinyatakan dokumen tidak lengkap. KPU akan menyampaikan pada esok hari (2/8).

“Kami masih memproses, besok kami beritahu,” kata Idham.

Sementara itu, KPU akan segera melakukan verifikasi administrasi terhadap partai politik yang dokumennya sudah dinyatakan lengkap. Satu hari setelah dinyatakan lengkap hingga 11 September 2022. Sementara pengumuman hasil verifikasi administrasi akan dilakukan pada 14 September.

“Verifikasi administrasi dilakukan satu hari kemudian jika parpol mendaftar hari pertama dan dinyatakan lengkap mulai tanggal 2 Agustus sampai dengan tanggal 11 September 2022,” jelas Idham.