by

Disdukcapil Kota Bogor Gaspol Program Jemput Bola

BOGOR, Inionline.id – Kepala Dinas (Kadis) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor Sujatmiko Baliarto, A.TD.,MM., mengatakan hingga saat ini pihaknya terus melakukan program “Jemput Bola”, tujuan utamanya agar warga Kota Bogor yang usia sudah 17 tahun mempunyai e-KTP.

Dia juga menjelaskan, anak yang sudah menginjak usia 17 tahun harus dimudahkan mempunyai e-KTP, supaya mereka bisa memperoleh hak-haknya, sehingga program “Jemput Bola” ini juga dilaksanakan di sekolah-sekolah SMA/SMK//MAN yang ada di Kota Bogor.

Dijabarkannya, berkaca dari kebiasaan sebagian anak yang sudah berusia 17 tahun, tidak langsung membuat e-KTP. Ketika ada keperluan, baru sibuk mengurus dokumen kependudukan. Maka, dengan cara “Jemput Bola” mereka tidak terganggu saat belajar mengajar juga tidak perlu datang ke Disdukcapil dan pastinya tidak harus ikut antri.

Selain itu, Disdukcapil Kota Bogor, mendatangi semua sekolah setingkat SMA/SMK/MAN, sesuai target yang direncanakan yaitu mencapai maksimal pelayanan kependudukan.

Kemudian, Sudjatmiko menambahkan, program yang saat ini menjadi perhatiannya adalah program perekaman e-KTP, dengan slogan “Jemput Bola” bagi pelajar usia sudah 17 tahun.

Ia juga mengakui, perekaman data kependudukan para pelajar merupakan persiapan menyambut Pemilu 2024. Sebab, setiap masa Pilkada maupun Pemilu, akan diminta untuk melakukan pendataan semaksimal mungkin supaya semua warga yang memenuhi syarat dapat memperoleh haknya. “Jadi, tentu ada kaitannya dengan Pilkada, Pilpres, Pileg dan sebagainya, jangan sampai ada yang luput tidak menggunakan hak suaranya.

Selain itu, siswa yang sudah usia 16 tahun juga sekaligus diberikan kesempatan untuk melakukan perekaman. “Ini menjadi target kita secara masif, terus menerus, menyeluruh dan sustainable, harapan bukan sekadar masalah politik tetapi melayani warga”, tukasnya.

Sudjatmiko melanjutkan, “Jadi yang sudah 17 tahun langsung dicetak disini, langsung dapat. Kalau belum 17 tahun, nanti kita kerjasama dengan OSIS, cara kolektif untuk mengambilkannya, yang jelas manfaatkan aplikasi Si Kancil Berlari, bisa menjadi salah satu kemudahan untuk mengakses data,” imbuhnya.

Harapannya, seluruh kegiatan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, menjadi salah satu motivasi sajian terbaik, cepat, mudah, dan terarah. tutup Sudjatmiko.