by

Dewan RI Budhy Setiawan Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Pasar Kota Bogor

Bogor, Inionline.id – Anggota MPR RI sekaligus Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI, Budhy Setiawan menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di lantai 3 Blok F, Perumda Pasar Pakuan Jaya, Jalan Dewi Sartika, RT 04 RW 06, Kelurahan Cibogor, Rabu (03/08/2022).

Budhy menuturkan bahwa pentingnya sosialisasi 4 pilar ini adalah bagaimana masyarakat menonjolkan nilai-nilai tolerenasi terhadap keberagaman.

“Jadi kita memang terdiri dari banyak suku, terdiri dari banyak unsur masyarakat, banyak juga pihak-pihak yang berpendapat bermacam-macam tapi bagaimana kita bisa mengedepankan bahasa toleransi terhadap keberagaman,” ujarnya.

Hal inilah yang diharapkan Budhy perlu banyak ditonjolkan terkait dengan kondisi masyarakat Indonesia yang saat ini boleh dibilang sangat sensitif terhadap unsur yang berbeda.

“Berbeda artinya sering kali diartikan sebagai persoalan yang sangat krusial, dianggap bahwa bukan bagian yang Indonesia, ini terkadang menghadapi kondisi perbedaan ini yang harus kita junjung tinggi semangat keberagaman, semangat toleransi itu,” tandasnya.

Budhy menambahkan bahwa sosialisasi ini (4 pilar) hanya pemicu untuk kemudian mengingatkan kembali kepada semangat kebangsaan, nilai gotong royong, karena menurutnya nilai gotong royong itu tidak mungkin ada jika tidak ada pemahaman terhadap keberagaman, tidak mungkin ada gotong royong tanpa toleransi.

“Jadi upaya yang dihidupkan kembali adalah semangat gotong royongnya, seperti misalnya Pemda Kota Bogor ini selalu setiap jum’at ada jum’at bersih, ini sebenarnya semangat yang ditonjolkan adalah gotong royongnya, hanya sering kalo kita melihat dari unsur fisiknya tidak melihat unsur semangat yang melandasi acara itu,” pungkasnya.

Acara yang dihadiri oleh 120 orang ini juga menghadirkan Wakil Walikota Bogor Dedie A. Rachim serta tiga pembicara utama yaitu Direktur utama Perumda Pasar Pakuan Jaya Muzakir, Budayawan Sunda Karyawan Fathurahman, I Wayan budayawan Bali. (Jc)